10 Februari Wihara Darma BudhaKirti Gelar Festival Imlek

oleh -10 views
Andra, wakil rumah tangga Wihara Darma Kirti

Palembang, klikampera.com – Perayaan Imlek 5 Febuari kemarin, hingga saat ini masih terasa, apalagi perayaan ini saat ditungu-tunggu oleh umat Budha Thionghoa. Dan, melakukan berbagai macam kegiatan, salah satunya di Wihara Darma BudhaKirti, Rabu (6/2).

Andra, wakil rumah tangga Wihara darma kirti, menuturkan kegiatan dimalam Imlek kita lakukan puja bakti, kita lakukan membacaan paican, paican ini lebih kearah bertaubat. Memohon taubat, kepada para budha dan dewa-dewa. Sehingga pada tahun ini, kita bisa dilancarkan kembali.

” Dan juga dimalam itu, setelah melakukan doa bersama, kita dari para sangah memberi ampao berkah dan memberikan bingkisan yang berupa air yang sudah disiapkan di alta dan dua buah jeruk,” katanya saat diwawancarai diruangnya.

Jelasnya, setelah kegiatan itu, disesi akhir kita makan-makan bersama, dan kita juga ada karoke bersama dan acaranya kalau kemarin hingga jam 12 malam.

” Selasa kemarin, tepatnya hari Imlek, kegiatan pertama, kita lakukan persembahan pada para budha setelah itu acara bebas,” ulasnya.

Lanjutnya, Nanti 10 Febuari, akan ada festival Imlek bersama, di acara itu mengundang beberapa pejabat yakni Walikota, Kapolres, dan Dandim. Mereka kita undang, untuk memberikan ucapan selamat Imlek kepada kita semua terutama umat Budha yang ada di Palembang.

” Dan juga, nanti akan ada perfom baik dari mudah mudih, BB Rangting Darma Kirti, dan beberapa barongsai,” ujarnya

Tidak hanya itu, kita juga menyiapkan tiga orang untuk memakai kos play, pertama kos play dewa rezeki yang tiap tahun kita lakukan, kedua oputri kayangan dan jendral.

Dengan penuh harapan, tambah Andra, ditahun babi ini atau putaran terakhir sio terakhir, banyak berlimpah dengan berkah.

Selain itu, Tahun ini ada yang Spesialnya, kebetulan perfom kita akan lebih banyak, kita juga baru mendapat dukungan dari wanita buddhis Indonesia ranting wihara dharmaKirti ( WBI) ranting wihara dharmaKirti, yang berdomisili di wihara.

” Akan menampilkan angklung, ini unikkan karena angklung indentik dengan Indonesia, tapi di Wihara angklung itu di mainkan oleh mereka tapi dalam nuansa Imlek. Oh ya, Karaoke bersama tadi, terbuka untuk umum, tapi karena lagu-lagunya terbatas jadi bagi yang mau ikut harus membawa kaset sendiri. Ada juga lomba lukis lampion,” jelasnya

Harapannya, kedepan akan lebih berlimpah berkah dan kebahagiaan, terutama untuk masyarakat Indonesia.

Sementara itu, saat disinggung Itu tahun ini, bertepatan dengan tahun Pilpres, Andra mengatakan untuk tahun politik ini, kita tidak bisa berbicara soal politik, “cuman harapannya silahkan memilih dengan hati nurani,” tutupnya.

Wartawan: Widarman
Editor: Rianza