2.753 Desa di Sumatera Selatan Belum Terima Pencairan Dana Desa

Oleh Klikampera pada Jumat, 20 Maret 2020 13:42 WIB
Ilustrasi: Warga melintas di jalan beton yang dibangun di antara bentangan sawah, dari program dana desa

Palembang, klikampera.com – Sebanyak 2.735 desa di Sumatera Selatan belum menerima pencairan dana desa tahap pertama tahun 2020 karena ketidaklengkapan persyaratan administrasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Selatan Yusnin di Palembang, Jumat (20/3), mengatakan meski pemerintah pusat mendorong percepatan pencairan dana desa namun faktanya masih banyak kendala yang terjadi.

“Sejauh ini baru 100 desa yang sudah cair, sisanya sebanyak 2.753 desa yang belum mendapat pencairan dana desa tahap I,” kata Yusnin.

Ia mengatakan pemerintah provinsi telah meminta kepada semua pihak terkait, di antaranya kepala desa, camat, dan bupati/wali kota, segera cepat melengkapi persyaratan pencairannya.

“Pemprov Sumatera Selatan sudah meminta bupati dan wali kota berupaya mempercepat melengkapi administrasi dana desa. Harapan kami ini bisa dilakukan secepatnya mengingat pemerintah pusat juga terus mendesak hal ini,” kata Yusnin.

Pada 2020 sebanyak 2.853 desa di Sumatera Selatan akan menerima dana desa senilai total Rp1,59 triliun. Sementara dari 100 desa yang sudah cair pada tahap I dengan total sebanyak Rp4 miliar.

Sebanyak 100 desa sudah mendapatkan pencairan dana yang berasal dari Musi Rawas, Musi Banyuasin, dan Ogan Ilir.

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir Iskandar mengatakan pemerintahannya berupaya mempercepat penyaluran dana desa tahun 2020 untuk mendongkrak perekonomian daerah dan desa.

“Adanya anggaran daerah maupun anggaran desa yang dibelanjakan ini diharapkan bisa mendorong gerak ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di daerah dan desa,” kata dia.

Ia mengatakan telah memerintahkan pejabat terkait untuk melengkapi persyaratan administrasi pencairan dana desa tersebut.

“Apa yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Tentu kami seriusi,” kata Iskandar.

(Ant/riil)

Pos terkait