5 Kategori Penyakit Yang di Tangani RS BARI Pada Triwulan Pertama 2019

oleh -61 views
Kepala Bagian Rekam Medik dan SIMRS dr. Dessy Affrianty P, MARS

Palembang, klikampera.com – Pemerintah Kota Palembang dalam memperhatikan kesehatan yang ada saat ini dalam hal ini menjadi fokus utama bagi Pemerintah Kota Palembang terkait kesehatan yang ada di Kota Palembang.

Kepala Bagian Rekam Medik dan SIMRS dr. Dessy Affrianty P, MARS., mengatakan, dilihat dari kondisi cuaca yang saat ini terkadang berubah – ubah, untuk prnyakit rawat jalan yang yang termasuk dalam kategori 5 penyakit terbanyak yang ditangani pada triwulan pertama di tahun 2019 ini itu diantaranya.

Pada Bulan Januari itu pada 5 peringkat terbanyak itu “kita ada pada penyakit Dyspepsia atau (dys) tedapat pada penyakit pencernaan, Diare, Typus, Asama, dan penyakit Syaraf atau yang sering dikenal dengan kata penyakit Struk,” ujarnya, saat dijumpai awak media di RSUD Bari di Jl. Panca Usaha Palembang, Jum’at (12/7/2019).

Lanjut Dessy menjelaskan, untuk di Bulan Februari itu penyakit yang paling banyak ditangani itu yakni penyakit akibat Virus, penyakit Saluran Pernapasan (Kispa), Infeksi Bakteri, Diare dan Typus. Sedangkan di Bulan Maret sendiri itu diantaranya Dyspepsia, Infeksi Virus, Diare, Common cold atau penyakit infeksi saluran nafas dan typus.

Dessy menghimbau bagi masyarakat, dalam mengatasi 5 kategori penyakit yang banyak di tangani saat ini yakni, terkait maslah itu semua masuk dalam prilaku pola hidup sehat saja.

“Jadi ketika masyarakat sudah mengikuti aturan tersebut, sebagaimana contoh cuci tangan sebelum makan, mandi dua hari sekali, kondisi rumah dalam keadaan rapi, dan mengikuri aturan 3 M, mudah – mudahan setelah kita lakukan itu secara teratur maka penyakit – penyakit seperti ini pasti dapat terhindar dari kita,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur RS. BARI dr. Hj. Makiani, S.H,. M.M,. MARS,. menambahkan mengingat 5 penyakit terbanyak pada triwulan pertama pada tahun ini.

“Kami himbau kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan, budayakan untuk rajin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta mengkonsumsi makanan yang berprotein dan bervitamin,” tutupnya.

Wartawan : M. Daud
Editor : Rianza