Adakan Rakerwil dan Lakut, NU Siapkan Pemimpin-Pemimpin Masa Depan

  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Dalam rangka menyiapkan kader-kader terbaik di masa depan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumsel, laksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) serta Latihan Kader Utama (Lakut) di dalam IPNU Sumsel dengan tajuk “Kolaborasi Pelajar Menuju Generasi Emas” di Aula Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jl. Mayor Salim Batubara Sekip Bendung Palembang, Jum’at (13/12/2019).

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Sumsel Heri Candra, S,. Kom, mengungkapkan, IPNU adalah salah satu organisasi yang berbasis umur yang masuk dalam katagori pelajar, untuk itu ini merupakan salah satu pengkaderan awal dalam rangka NU menyiapkan pemimpin-pemimpin masa depan.

“Untuk keseluruhan daripada ini sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam PW, Rakerwil, dan Lakut yang memang sudah ada aturannya didalam organisasi IPNU, untuk itulah kita berharap kedepan NU kedepan punya generasi-generasi penerus kita didalam wadah Nahdlatul Ulama,” ungkap Heri.

Lanjut Heri menyampaikan, karena suksesnya seorang pemimpin itu bukan hanya sukses dalam berorganisasi, melainkan sukses dalam rangka menyiapkan kader terbaik dalam pengantinya.

Sementara itu, Ketua Wilayah IPNU Sumsel Arip Farawita mengatakan, Rakerwil kali ini dilaksanakan guna penyelarasan program kerja PW IPNU Sumsel maupun pengurus cabang-cabang 16 Kabupaten Kota yang lainnya.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan kali ini yang pertama mampu organisasi ini menjadi garda terdepan dalam rangka mengawal kebijakan-kebijakan Pemerintah, dan yang kedua menjadi organisasi ini pelahir kader-kader NU kedepan,” katanya.

Dimana, lanjut Arip menjelaskan, kedepan yang jelas dalam rangka menangkal paham radikalisme fokus IPNU Sumsel kedepan akan mengarap sekolah-sekolah baik sekolahan umum maupun sekolahan swasta dan pesantren guna membentuk komisariat-komisariat yang ada di sekolah-sekolahan.

“Dalam Rakerwil yang diadakan pada hari ini juga kita langsungkan LAKUT, yang mana pada saatnya nanti LAKUT ini akan menjadi pemimpin-pemimpin cabang selanjutnya baik yang berasal Sumsel maupun berasal dari luar Sumatera,” jelas Arip kepada awak media.

Adapun pelatihan yang diberikan pada LAKUT kali ini yakni berupa pelatihan Wajib dengan 11 materi mulai dari materi Internal sampai dengan wawasan kebangsaan, wawasan kebangsaan bernegara, penguatan ideologi Pancasila, dan yang jelas menanamkan pemahaman-pemahaman yang tidak radikal.

“Yang mana di dalam LAKUT ini juga kita bangun kader-kader ini untuk menjadi orang-orang yang paling depan dalam rangka menyebarkan rasa toleransi, sehingga jangan sampai paham-paham radikal itu yang menjadi pemahaman daripada pemuda dan pelajar-pelajar khususnya yang ada di Sumsel,” tutupnya.

Wartawan: M. Daud

Editor: Rianza

Pos terkait