Akhirnya Patung Raksasa Garuda Wisnu Kencana Selesai Dibangun

oleh -89 views
Patung raksasa Garuda Wisnu Kencana di Bali

Bali, klikampera.com – Akhirnya, penantian panjang pembangunan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana selesai sudah. Pembangunan patung yang berada di kawasan Cultural Park GWK, Ungasan, Jimbaran, Bali butuh waktu 28 tahun mulai dari perencanaan, perancangan, dan pembangunan.

Patung GWK ini pun akan menjadi simbol pariwisata baru sekaligus kebanggaan masyarakat Bali. Sebagai rasa syukur, pada tanggal 4 Agustus akan digelar pertunjukan seni di Cultural Park GWK. Sejumlah artis juga disebut akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Akhirnya, setelah menanti cukup lama, patung raksasa Garuda Wisnu Kencana selesai dibangun. GWK akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata dalam upaya memenuhi target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, Kamis (2/8/2018).

Dengan tinggi 121 meter dari permukaan tanah atau 271 meter dari permukaan laut, GWK menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Diharapkan, kunjungan wisatawan ke Bali pun akan semakin meningkat dengan hadirnya patung ini.

“Dengan berbagai kajian empiris, Kami yakin patung GWK akan menaikkan citra Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas. Tentunya kita harus bersama-sama menjaganya. Mengingat Bali adalah daerah pariwisata yang sangat terkenal di dalam maupun luar negeri,” tutur Pitana.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya turut menyampaikan apresiasi tinggi atas selesainya pembangunan GWK. Dia juga mengucap terimakasih kepada Nyoman Nuarta yang menjadi penggagas.

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Garuda Wisnu Kencana, khususnya Bapak Nyoman Nuarta dan seluruh pihak terkait yang sudah berhasil merampungkan pembangunan patung ini,” katanya.

 

Wartawan: Syaiful Hadi
Editor: Rianza