Akreditasi Sekolah Wajib Penuhi Delapan Standar

oleh
Tim visitasi tim akreditasi BAN Provinsi Sumsel hari terakhir melalukan penilaian akreditasi di SMK Negeri 5 Palembang

Palembang, klikampera.com – Tidak bisa dipungkiri, akreditasi sekolah menjadi suatu keharusan lantaran dianggap sebagai lisensi yang berdampak pada mutu lulusan dari sebuah sekolah.

Berangkat dari hal tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palembang melakukan akreditasi sekolah dengan mengundang visitasi dengan memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) berupa delapan standar akreditasi.

Tim Akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Drs Mulison M Si mengatakan, visitasi tim akreditasi BAN provinsi Sumsel ke SMK Negeri 5 Palembang telah dilaksanakan pada tanggal 5-7 November 2018.

“Akreditasi sangat penting, sebab merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri,” ujar Mulison disela penutupan akreditasi SMK Negeri 5 Palembang, Rabu (07/11/2018).

Pada saat ini visitasi akreditasi penilaian terhadap SMK Negeri 5 Palembang, yang mana akreditasi ini merupakan ujung tombak sekolah. Dan sekolah wajib memenuhi 8 komponen standar nasional.

“Ada 8 standar nasional yang harus dipenuhi, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan terakhir standar penilaian,” jelasnya lagi.

Dijelaskan Mulison, hasil akreditasi akan berdampak pada sekolah. Pertama, memberikan informasi tentang kelayakan sekolah, kedua, memberikan pengakuan peringkat kelayakan.

“Ketiga, tidak kalah pentingnya adalah memberikan pertanggungjawaban sebagai bentuk akuntabilitas publik, paparnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 5 Palembang, Zulkifli menuturkan, untuk melaksanakan akreditasi, pihaknya telah menyiapkan selama 3 bulan terakhir, dengan 6 jurusan yang akan diakretidasi.

“Kita berusaha melengkapi 8 standar tersebut dengan maksimal dan hasil yang bagus,” katanya diwaktu dan tempat yang sama.

Jurusan yang diakreditasi ada Adminitrasi Perkantoran dengan nilai 87 dan berdasarkan hasil dari online mencapai 96, jurusan Akuntansi yang tahun lalu dapat nilai 85 nilai dan untuk tahun ini dapat nilai 96.

“Sedangkan sarana dan prasarana tahun ini hampir semuanya kita lengkapi dengan nilai 96. Untuk jurusan Multimedia penilaiannya 81, termasuk juruan baru yaitu Pertelevisian dengan nilai 90,” bebernya.

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza