Antisipasi KTP-el Tidak Tercetak‎, Disdukcapil Siapkan Suket Khusus untuk Pilkada

oleh -95 views

Palembang, klikampera.com – Mendekati pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palembang yang akan berlamgsung pada 27 Juni mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang terus mengebut pencetakan‎ KTP-el.

“Kita sih optimis, sebelum Pilkada ini, pencetakan KTP-el sudah selesai,” kata Sekretaris Disdukcapil kota Palembang, Santi Zahra

Menurutnya, pencetakan ini dilakukan bagi para pemohon baru, maupun bagi masyarakat yang melakukan perubahan elemen seperti tempat tinggal dan status, serta mereka yang KTP-el nya hilang.

Namun, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, semisal KTP-el belum selesai dicetak saat mendekati Pilkada mendatang. Disdukcapil Palembang telah memiliki metode untuk mengatasinya.

Disdukcapil Palembang akan memberikan surat keterangan (Suket) khusus Pilkada, bagi mereka yang belum mendapatkan KTP-el.

“Kalau Suket yang biasa itu memang tidak bisa digunakan untuk pemilihan, jadi ada Suket khusus untuk Pilkada,” ujarnya.

Menurut Santi, bagi masyarakat yang belum mendapatkan KTP-el mendekati Pilkada, bisa datang ke kantor Disdukcapil kota Palembang dengan membawa kartu keluarga (KK) untuk melakukan pencetakan Suket khusus Pilkada.

“Kalau sekarang belum, kemungkinan Mei baru bisa dicetak jelasnya.‎

Santi menjelaskan, pencetakan KTP-el ini memang sangat diperlukan dalam proses pemilihan pada saat Pilkada. Hal itu sesuai dengan‎ proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang.

“Makanya kita sudah antisipasi sedemikian mungkin,” ungkapnya.‎

Meski menyakini akan selesai sebelum Pilkada, namun Santi tidak memungkiri, jika data KTP-el akan terus masuk setiap harinya ke kantor Disdukcapil kota Palembang. Karena setiap hari atau perminggunya, selalu ada warga Palembang yang usianya bertambah menjadi 17 tahun.

“Nah itu juga kita utamakan, terutama yang sudah dilakukan coklit oleh KPU. Kami mengingatkan juga, bagi masyarakat yang belum mendapatkan KTP-el menjelang Pilkada, segera melapor. Nanti tidak bisa memilih,” tegasnya.‎

‎Santi menerangkan, dari sekitar 54 ribu masyarakat kota Palembang mengajukan pembuatan KTP-el baik yang hilang, perubahan elemen, ataupun pembuatan baru tersebut, lebih dari 75 persen diantaranya telah dicetak dan sudah didistribusikan ke Kecamatan masing-masing.

“‎Kalau terakhir itu ada 54 ribu data yang belum dicetak, tapi 75 persen diantaranya sudah tercetak,” jelasnya.‎

Santi menyebutkan, meski Disdukcapil siap menyelesaikan pencetakan KTP-el sebelum Pilkada. Namun, yang masih terkendala saat ini adalah stok ribon untuk mencetak. Pasalnya, sampai saat ini Disdukcapil tengah melakukan pengadaan melalui e-katalog.

“Sekarang saja kita masih minjam, kita upayakan‎ secepatnya selesai,” katanya. (Ra)