BAPPENAS: RENCANA KERJA PEMERINTAH 2020 FOKUS PENINGKATAN SDM

Oleh Klikampera pada Kamis, 9 Mei 2019 14:39 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat memberikan laporan dalam Musrenbangnas 2019 di Jakarta, Kamis (9/5/2019). (ANTARA/Aji Cakti)

Jakarta, klikampera.com – Bappenas menyatakan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 akan fokus pada upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk pertumbuhan, yang berkualitas.

“Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020 sebagai tahun pertama pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 mengambil tema ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pertumbuhan Berkualitas,'” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Kamis, (9/5).

Bambang menjelaskan bahwa terdapat lima prioritas nasional dalam RKP 2020, yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan; infrastruktur dan pemerataan wilayah; nilai tambah sektor riil, industrialisasi, dan kesempatan kerja; ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup; dan stabilitas pertahanan dan keamanan.

“Dalam mencapai target pembangunan, kita perlu mendayagunakan infrastruktur sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi. Kuncinya, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, adalah sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, yang terdidik, terampil, berkarakter, sehat dan produktif,” katanya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas menambahkan bahwa inovasi dan penguasaan iptek menjadi salah satu strategi dalam setiap program prioritas mulai dari penguatan pertumbuhan dan daya saing ekonomi, pemerataan dan pembangunan wilayah, serta peningkatan kualitas dan efisiensi layanan.

RKP 2020 telah mengacu pada Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024, dengan tetap menitikberatkan pada perkuatan pelaksanaan money follows program, melalui penajaman prioritas, penguatan perencanaan berbasis kewilayahan, dan integrasi berbagai sumber pendanaan.

“Selain bersumber dari APBN dan APBD, pembiayaan pembangunan juga bersumber dari pemanfaatan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), pembiayaan investasi non-APBN (PINA), dan investasi badan usaha milik negara (BUMN), serta sinergi swasta dan masyarakat,” ujar Bambang.

Musrenbangnas 2019 yang digelar pada Kamis ini selain memaparkan rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan RKP 2020, diluncurkan pula Visi Indonesia 2045.

Dalam Visi Indonesia 2045, Indonesia akan menjadi negara maju dan berpendapatan tinggi dengan PDB terbesar kelima di dunia.

Indonesia juga akan memiliki SDM yang unggul, berbudaya, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,ekonomi yang merata dan inklusif; serta menjadi negara yang demokratis, kuat dan bersih.

(Antara)
Editor: Rianza

Pos terkait