Bea Cukai Sumsel Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal

oleh -7 views
Bea Cukai Sumsel Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal

Palembang, klikampera.com – Penindakan barang bukti sepanjang Tahun 2018 – 2019 Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Wilayah Bagian Timur (Sumbagtim) telah berhasil mengamankan 8,5 juta batang rokok ilegal. Yang tidak memiliki surat izin edar yang telah tetapkan oleh Pemerintah.

Pemusnahan Barang Bukti Milik Negara KANWIL DJBC Sumbagtim dan KPPBC TMP B Palembang selama tahun 2019 secara rutin melaksanakan kegiatan operasi pasar di beberapa titik di wilayah pengawasan Kanwin DJBC Sumbagtim. Melalui kegiatan Operasi Pasar yang bertajuk “Gempur Rokok Ilegal,” Rabu (4/12/2019).

Kanwil DJBC Sumbagtim dan KPPBC TMP B Palembang Dwijo Muryono mengungkapkan, pihaknya telah berhasil melakukan penindakan terhadap BKC hasil Tembakau dan Tembakau Iris, Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) serta HPTL yang menggunakan pita cukai bekas, pita cukai palsu, pita cukai yang bukan peruntukannya maupun tanpa dilekati pita cukai yang melanggar ketentuan Undang – undang Cukai No. 39 Tahun 2007.

“Melihat kondisi geografis yang masuk ke kita umumnya bisa masuk dari pelabuhan yang tidak resmi bisa dikatakan ilegal, hal ini disebabkan kondisi pantai kita bisa merapat di pantai mana saja,” ungkap Dwijo usai melalukan pemusnahan barang bukti ilegal di Kantor Bea Cukai Palembang.

Lanjut Dwijo menyampaikan, untuk rokok ilegal tanpa cukai, yang masuk di kawasan Sumbagtim menjadi tujuan masuknya rokok dari segala arah. Dengan hasil Gempur Rokok Ilegal ini yang telah diamankan khusus wilayah Sumbagtim itu mencapai 17 juta batang.

“Dari hasil tangkapan kita rokok yang telah diamankan itu ada dari rokok impor dan ada juga dari pabrikan lokal, dalam hal ini Sumsel hanya menjadi tempat pemasaran serta distribusi untuk itulah kami akan selalu memburu dengan sigap akan selalu memburu rokok – rokok ilegal dan operasi bersinar berantas sindikat narkotika yang hendak masuk di Sumsel,” ujarnya.

Masih Kanwil Dirjen DJBC Sumbagtim mengatakan, dalam operasinya kali ini tidak hanya rokok ilegal yang dilakukan pemusnahan ada juga minuman berakohol yang dimusnahkan ada lebih kurang 14.431 botol minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA), dan ada juga sex toys, liquid vape yang tanpa dilengkapi pita cukai yang mengandung mariyuana.

“Ada kurang lebih Rp.3,6 miliar yang telah dirugikan negara pasalnya untuk pemusnahan baranh bukti yang kita lakukan pada hari ini berupa Rokok, Sex Toys, Liquid, Miras, Air Sofgun, serta alat – alat kesehatan lainnya,” jelas Dwijo kepada awak media.

Dijelaskan Dwijo, untuk barang yang telah disita dan dimusnahkan pada hari ini berupa barang – barang yang terlarang dan dibatasi untuk beredar di wilayah hukum Indonesia dan masuk hasil sitaan dari berbagai macam instansi pengiriman.

Diakuinya, dalam sitaan kali ini untuk bahan liquid vape yang mengandung mariyuana sudah. “Kita lakukan pengujian di laboratorium, dan untuk liquid yang kita sita ini kebanyakan barang-barang berasal dari Cina,” tandasnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza