Beladiri Tapak Suci Digalakkan di Sekolah

oleh -75 views
Para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang saat menjalani latihan ektrakurikuller tapak suci

Palembang, klikampera.com – Guna memberikan pembekelan beladiri kepada siswa-siswi, ekstrakurikuller Tapak Suci Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palembang cukup memberikan eksistensinya. Benar saja, dari tahun ke tahun, salah satu ekstrakurikuller ini cukup diminati oleh para siswa.

Pasalnya, ekstrakurikuller tapak suci MAN 1 Palembang tidak hanya dibuka untuk siswa kelas X tapi juga kelas XI dan XI untuk mengikuti ekstrakurikuller tersebut diluar jam proses belajar mengajar.

Kepala Bidang Humas MAN 1 Palembang Evi mengaku bahwa pihak sekolah sangat support dengan semua ekstrakurikuller yang dibuka di sekolah. Hal ini guna mensupport potenai yang ada pada diri siswa. Sehingga di sekolah tak hanya keilmuan tapi juga kreatifitas sesuai dengan bakat dan passion nya.

“Dan salah satunya adalah ekskul tapak suci. Mereka menjalani latihan sepekan sekali dengan pelatih yang telah ditunjuk oleh pihak sekolah,”terang Evi, Selasa (4/9/2018).

Dikatakannya bahwa kelak diharapkan dengan pembekalan kreatifitas yang ada pada setiap potensi siswa kelak bisa digunakan untuk menunjang kedepan, baik karir maupun untuk sosial masyarakat.

“Karena banyak ekatrakurikuller di MAN 1 Palembang. Mereka yang suka beladiri bisa tapak suci. Pun juga yang lain seperti Rohis, Pramuka, OSIM dan masih banyak yang lain,” terangnya.

Sementara itu dikatakan Ketua Ekstrakurikuller Tapak Suci MAN 1 Palembang Maria Ulfa bahwa latihan sepekan sekali juga tak hanya dibantu pelatih tapi juga senior membantu yang junior.

“Jadi latihan ini diawali dengan pemanasan terlebih dahulu guna meregangkan otot-otot dan tenaga anggota tapak suci sebelum mulai berlatih,”terangnya.

Tentu dalam hal ini semua dilalui agar tidak cidera jika pada saat latihan inti. Sehingga gerakan latihan tidak langsung gerakam silat tapo juga pemanasan, dna juga ditutup dengan gerakan-gerakan penutupan.

“Artinya latihan ini juga bukan untuk menghadapi kompetisi saja tapi juga untuk bekal teman-teman siswa dalam hal beladiri,” tegasnya.

 

 

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza