Benarkah Madu Bisa Menyuburkan Kandungan?

oleh -40 views

Madu terdiri dari 70-80 persen gula, sisanya adalah air, protein dan beberapa mineral. Madu mengandung antioksidan, antimikroba, antiradang, hingga antikanker. Flavonoid dan polifenol adalah antioksidan utama yang terdapat pada madu. Selain itu, madu kaya akan fruktosa, glukosa, mineral, magnesium, kalium, kalsium, belerang, natrium, fosfat, serta vitamin C, B6, B5, B3, B2, dan B1. Karena itu, madu kemudian dianggap sebagai agen terapi alami untuk berbagai pengobatan.

Terkait dengan kesuburan, madu memang telah lama dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Pasalnya, kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu diyakini dapat mencegah ketidaksuburan pada pria melalui penangkalan radikal bebas. Namun hingga kini, belum ada bukti ilmiah kuat yang menunjukkan bahwa madu dan produk-produk madu penyubur kandungan benar-benar memiliki khasiat terhadap kesuburan.

Terlepas dari khasiat madu untuk kesuburan yang belum terbukti klinis, madu memang memiliki beragam manfaat kesehatan

Antioksidan yang terdapat pada madu dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida, menjaga kadar kolesterol, dan mencegah penyakit jantung. Antioksidannya juga berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke jantung, mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.