Bidik Mahasiswa Terserap Lapangan Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

oleh -28 views
Pelatihan Table Manner dan Kuliah Umum Digital Enterpreneur kepada mahasiswanya, di Fave Hotel

Palembang, klikampera.com – Jelang revolusi industri 4.0, berbagai sektor tak terkecuali pendidikan melakukan sejumlah terobosan. Upaya tersebut dilakukan agar lulusan sarjana tidak menjadi pengangguran intelektual.

Pun juga dilakukan oleh Kampus Lembaga Pendidikan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Palembang mengadakan pelatihan Table Manner dan Kuliah Umum Digital Enterpreneur kepada mahasiswanya, di Fave Hotel, Selasa (23/10/2018)

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 206 mahasiswa dari 4 jurusan, yakni Informatika Komputer, Komputer Akuntansi, Sekretaris dan Office Manajemen.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga etika yang digunakan saat makan di hotel, serta mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan. Apabila nantinya lulusan LP3I masuk di dunia kerja perhotelan atau di lestoran, mereka tidak akan canggung, karena sudah dibekali dengan pelatihan seperti ini.

Branch Manager LP3I Palembang, Asmawi Mangku Alam mengatakan, LP3I merupaka sebuah institusi pendidikan progran pendidikan 2 tahun dengan jaminam penempatan kera.

“Jadi salah satu program kami, yaitu program soft skill pendamping mata kuliah (MK) seperti hari ini yang kita lakukan kepada mahasiswa,” ujar Asmawi disela kegiatan pelatihan.

Selain pelatihan Table Manner, pihaknya juga mengadakan kuliah umum digital enterpreneur berasama Himpuman Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Palembang dan aplikasi Cari Lokak.

Sedangkan untuk MK Ekspor Import, pihaknya sudah mengandeng dari Bea Cukai.

“Oleh karena itu kami gandeng HIPMI Palembang, karena di LP3I ada rumah enterpreneur untuk mahasiswa,” jelasnya lagi.

Lanjutnya, LP3I merupakan program pendidikan fokasi, sehingga 70 persen dosen kita rekrut merupakan dari praktisi.

“Kita sudah menyediakan program siap kerja, dimana mahasiswa kuliah selama dua tahun sudah bisa ditempatkan untuk bekerja dibeberapa perusahaan yang ada di kota Palembang,” terangnya.

Ia berharap, melalui kegiatan soft skill seperti ini, nantinya mereka sudah siap terserap di dunia kerja dan usaha.

“Jadi target lulusan kita 70 persen bekerja dan 30 persen jadi pengusaha,” pungkasnya.

 

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza