BMKG Ingatkan Ancaman Angin Puting Beliung di Sumsel

oleh -5 views
Rumah warga rusak di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (13/11/2019) karena terjangan angin puting beliung

Palembang, klikampera.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan adanya ancaman angin puting beliung di sejumlah wilayah Sumatera Selatan, Kamis (14/11).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiaji mengatakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang diperkirakan terjadi wilayah Kabupaten Banyuasin (Banyuasin 2, Makarti Jaya), Kabupaten Musi Banyuasin (Bayung Lincir, Tungkal Ilir).

Selain itu, ancaman ini juga dapat meluas ke sebagian wilayah Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur dan sekitarnya.

“Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga sore ini,” kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 82 unit rumah rusak akibat angin puting beliung yang melanda tiga desa di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Rabu siang, dan memaksa sebagian warga mengungsi ke rumah tetangga terdekat.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan Ansori mengatakan, angin kencang disertai hujan deras dan guntur melanda tiga desa tersebut sekitar pukul 14.00 WIB, sebagian besar rusak karena terpaan angin serta sebagian kecil akibat tertimpa pohon.

“Akibatnya dua orang terluka ringan, korban sementara mengungsi kerumah keluarga dan tetangga terdekat,” kata Ansori di Palembang.

Menurut dia kerusakan rumah paling parah di Desa Upang Karya, 63 unit rumah dengan rincian 10 rumah rusak total, 16 rusak ringan dan 37 rusak berat.

Sisanya di Desa Mekar Sari di mana lima rumah rusak berat dan sembilan rusak ringan, sedangkan di Desa Mukti Jaya di mana dua rumah rusak ringan serta tiga rusak berat.

Hujan lebat disertai angin kencang juga melanda beberapa wilayah di Sumatera Selatan pada saat bersamaan, sebelumnya BMKG telah memprediksi akan adanya hujan disertai angin kencang seiring peralihan musim kemarau ke musim hujan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaca peralihan musim ini.

(Ant/riil)