Bus-Bus Mudik di Terminal Alang-Alang Lebar Tak Laik Operasi

oleh -47 views
Bus-bus mengantre saat inspeksi keselamatan di Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Rabu (29/5/2019)

Palembang, klikampera.com – Bus-bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) kategori non-Damri di Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar Palembang yang mengangkut penumpang selama masa mudik dan balik Lebaran 2019 tidak laik operasi menurut hasil inspeksi keselamatan, namun petugas tetap memberikan izin jalan karena tidak ada sarana transportasi yang lain.

“Desa-desa yang termasuk rute tujuan bus AKDP seperti di Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin sangat bergantung dengan bus-bus itu, jika tidak kami izinkan maka masyarakat tidak bisa pulang kampung karena hanya itu satu-satunya moda transportasi umum pilihan masyarakat setempat,” kata Petugas Pencatat Ramp Check (Inspeksi Keselamatan) Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Satuan Pelayanan Terminal Alang-Alang Lebar Thomas SW kepada ANTARA, Selasa .

“Dulu pernah ada bus perintis pengganti AKDP, tapi masyarakat banyak menolak dan hanya ingin naik bus AKDP yang tak laik, alhasil bus perintis kami alihkan ke rute lain,” ia menambahkan.

Ia menjelaskan bus-bus tersebut dikategorikan tak laik jalan antara lain karena usia bus sudah tua, tidak pernah mendapat perawatan rutin, surat izin trayek habis, tidak dilengkapi alat keamanan darurat seperti pemecah kaca, dan kondisi bus kurang prima.

Petugas mengizinkan bus-bus tersebut beroperasi di Terminal Alang Alang Lebar untuk mencegah bus AKDP menarik penumpang sembarangan di pinggir jalan dan membuat terminal-terminal liar sehingga tidak terdata oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Satuan Pelayanan Terminal Alang-Alang Lebar.

Berdasarkan data BPTD Wilayah VII Satuan Pelayanan Terminal Alang-Alang Lebar, sejak sepuluh hari menjelang hingga empat hari setelah Lebaran ada 89 kedatangan bus AKDP dari Muba dan Banyuasin yang mengangkut 1.856 penumpang. Selain itu ada 89 bus yang berangkat dari Terminal Alang Alang Lebar ke Muba serta Banyuasin dengan mengangkut 1.210 penumpang.

Jika dirata-rata, dalam sehari ada tujuh bus yang datang dan berangkat di Terminal Alang-Alang Lebar.

“Setelah musim mudik bus AKDP akan ditinjau ulang mengenai izin jalannya, berbahaya jika bus terus membawa penumpang dalam keadaan tidak laik karena sudah pernah ada yang kecelakaan,” demikian Thomas SW.

(Antara)
Editor: Rianza