Canoe Indonesia Petik Medali Perunggu di Asian Games 2018

oleh -56 views
Pelatih Canoe Timnas Kristiani Vereb

Palembang, klikampera.com – Setelah melalui perjuangan yang cukup keras akhirnya timnas Indonesia kembali menambah satu medali perunggu dari cabang olahraga canoe.

Kali ini medali Indonesia disumbangkan Riska Andayani/Meni Nur dari cabang olahraga Kano di nomor ganda (C2) 500 meter putri saat berkompetisi di Venue Dayung, Internasional Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis, (30/8/2018).

Riska/Meni Nur merebut medali perunggu usai finish di posisi ketiga. Mereka mencatatkan waktu 2:07.356. Sementara untuk medali emas disabet pasangan China, Sun Mengya/Yanan Ma.

Pasangan Tiongkok ini berhasil merengkuh medali emas dengan catatan waktu 2:02.512. Sedangkan medali perak direbut pasangan Zokirova Nilufar/Rakhmatova Dilnova dari Uzbekistan dengan waktu tempuh 2:06.160.

Selain nomor ganda (C2) 500 meter putri, cabang olahraga Kano/Kayak Sprint juga mempertandingkan lima nomor final lainnya.

Kayak Empat Orang (K4) 500 meter Putra, Kayak Tunggal (K1) 500 meter Putri, Kano Tunggal (C1) 1.000 meter Putra, Kayak Ganda (K2) 1000 meter Putra dan Kano Ganda (C2) 1000 meter Putra.

Sayangnya, dari semua nomor tersebut, Indonesia gagal menambah medali. Meski di cabang olahraga Kano sejatinya Indonesia memang tidak menargetkan perolehan medali emas.

Kegagalan meraih medali emas di enam nomor final cabang olahraga Perahu Naga atau Kano yang dipertandingkan hari ini, tidak terlalu disesali pelatih Indonesia, Krisztian Vereb.

Menurut Vereb, raihan satu medali perunggu yang dipersembahkan Riska Andayani/Meni Nur di nomor ganda (C2) 500 meter putri, tidak terlalu buruk. Mengingat persaingat di perahu naga cukup berat
“Tim saya telah melakukan pertandingan dengan baik, dan kerja keras selama tiga tahun terakhir. Saya pikir hasil hari ini masih sangat normal,” kata Vereb.

Dengan kualitas lawan yang berada di atas Indonesia, hasil yang didapat masih bisa ditoleransi. Sebab, di hari ini anak asuhnya telah berupaya maksimal untuk dapat mempersembahkan medali.

Apalagi, mereka berhadapan dengan pesaing berat dari Asia. Seperti China, Uzbekistan, Kazhakstan dan sejumlah megara lain yang memiliki tradisi kuat di cabang olahraga Kano.

“China di cabang olahraga ini memang cukup kuat. Kami juga masih bisa meraih medali. Hasil yang cukup baik,” ujarnya.

Selain nomor ganda (C2) 500 meter putri, cabang olahraga Kano/Kayak Sprint juga mempertandingkan lima nomor final lainnya di hari yang sama.

Kayak Empat Orang (K4) 500 meter Putra, Kayak Tunggal (K1) 500 meter Putri, Kano Tunggal (C1) 1.000 meter Putra, Kayak Ganda (K2) 1000 meter Putra dan Kano Ganda (C2) 1000 meter putra.

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza