Dampak Kenaikan Tiket Pesawat, Lonjakan Penumpang Beralih Ke Jalur Darat

oleh -14 views
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Nelson firdaus

Palembang, klikampera.com – Sebanyak 400 armada bus di siapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk membantu pemudik yang berasal dari Palembang dan wilayah Sumatera Selatan. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Nelson firdaus, masyarakat saat ini lebih beralih memilih ke transportasi darat seperti Bus dan Kereta api hal ini di akibatkan dampak kenaikan tiket pesawat. 

“Perusahaan Otobus (PO) yang kami akomodir juga menyiapkan armada tambahan jika ada pelonjakkan penumpang. Akibat naiknya tiket pesawat ini ya kurang lebih kenaikan jumlah penumpang yang naik Bus atau angkutan darat sekitar 10 persen lebih,” ujar Nelson usai apel siaga angkutan mudik lebaran 2019, Rabu (29/5/2019).

Lanjut Nelson menjelaskan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya menyiapkan 76 posko di Kabupaten dan Kota dari Dinas Perhubungan. Selain itu, ada juga 13 armada derek jika ada kendaraan atau angkutan rusak di Kabupaten dan Kota sementara 7 derek yang telah tempatkan di jalan tol.

“Potensi kendaraan rusak dan kemacetan sudah diantisipasi disana nanti kan ada posko terpadu dari polisi, kesehatan, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan berjalan lancar, untuk jalan tol sudah ada pembatasan kendaraan yang dilarang melintas yakni angkutan barang,” jelasnya.

Mrengingat puncak arus yang terjadi pada H -5 dan H +3 Idul Fitri yang mendiminasi tujuan mengarah ke pulau Jawa. Ia juga menghimbau bagi para pemudik yang menggunakan angkutan sungai untuk tidak membawa barang yang diletakan diatas perahu dan tidak juga berlebihan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H Nasrun Umar mengungkapkan, untuk perkiraan penumpang bakal meningkat 4,8 % hingga 10% terutama pada H-5 dan H+3.

“Ini perlu koordinasi terpadu, untuk menciptakan kelancaran, kenyamanan, dan keamanan selama perjalanan. Sudah tanggung jawab kita bersama meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Wartawan: Muhamad Daud
Editor: Rianza