Din Syamsuddin : Revitalisasi Keluarga Menuju Keluarga Muda Tangguh

oleh -19 views
Prof. Dr. H. Din Syamsudin pada Tanwir II sidang Pleno IX Nasyiatul Aisyiyah di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Sabtu malam (9/11)

Palembang, klikampera.com – Tanwir II Nasyiah kali ini yang mengangkat tema “Gerakan Keluarga Muda Tangguh untuk Kesejahteraan Bangsa” sebagai bagian menguatkan tugas dan fungsi keluarga.

Dengan adanya revitalisasi dalam keluarga diharapkan dapat mencegah dan mengurangi tingkat perceraian yang terjadi saat ini dimasyarakat.

Revitalisasi itu penting untuk kembali menguatkan keluarga-keluarga muda, dimana di Nasyiah banyak keluarga muda usia produktif, untuk itu diperlukan rasa saling menguatkan dalam keluarga. Selain itu, keluarga juga merupakan lingkungan terkecil dalam kehidupan.

“Dalam Islam keluarga mempunyai konsep yang lebih luas dalam menjalani kehidupan, ada 3 konsep yang disampaikan oleh Prof. Din Syamsuddin dalam membangun keluarga muda tangguh. “Pertama yaitu Salam, karena hal pertama kali dalam membangun suatu keluarga diperlukan salam untuk saling mengenal, memahami satu dengan lainnya”, ujar Prof. Din Syamsuddin.

Selanjutnya yang kedua adalah “Rahmat, jika didalam keluarga telah ada salam untuk saling mengenal, memahami maka dengan itu in syaa Allah akan diturunkan Rahmat dalam membangun sebuah keluarga”, lanjut Prof. Din.

Dan yang ketiga Yaitu “Berkah”. Menurut Prof Din, “dengan adanya salam dan Rahmat dalam keluarga, in syaa Allah akan membawa keberkahan dalam menjalani rumah tangga di dalam keluarga, sehingga bisa mewujudkan keluarga muda yang sakinah mawadah warahmah”, seperti yang disampaikan pada Tanwir II sidang Pleno IX di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Sabtu malam (9/11).

Dengan ini, diperlukan adanya Revitalisasi keluarga untuk mengembalikan keluarga ke khittah nya dimana keluarga memiliki fungsi edukasi, mendidik dan juga mengajak untuk bertakwa, sehingga mampu membentuk keluarga muda yang tangguh.

Wartawan: Hansen
Editor: Rianza