Dinilai Mengalami Penurunan Kinerja, Sekda Ratu Dewa Tegur Keras Seluruh Jajaran Disdukcapil

Oleh Klikampera pada Selasa, 12 November 2019 08:24 WIB
Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa hadir pada apel pagi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang

Palembang, klikampera.com – Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa hadir pada apel pagi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang. Kehadiran Sekda kota Palembang yang mendadak ini membuat kaget para pegawai Disdukcapil.

Dalam amanat apelnya, Ratu Dewa menegur keras seluruh jajaran Disdukcapil yang dinilai mengalami penurunan kinerja.

“Perlu bapak ibu catat, saya hadir kesini diperintahkan langsung oleh pak Walikota Palembang, untuk memberikan pembinaan kepada seluruh jajaran Disdukcapil, karena kami menilai Disdukcapil saat ini mengalami penurunan kinerja khususnya dalam hal pelayanan,” ujar Dewa, Senin (11/11/2019).

Penurunan kinerja pelayanan di Disdukcapil ini, lanjut Dewa, salah satunya dengan penurunan nilai pelayanan publik dari Kemen PAN RB.

“Jika tahun lalu ada 3 intansi yang menerima penghargaan pelayanan publik dengan nilai sangat baik, yakni RSUD Palembang Bari, DPMPTSP, dan Disdukcapil, namun tahun ini hanya 2 instansi yakni DPMPTSP dan RSUD Palembang Bari, sementara Disdukcapil tidak mendapatkan penghargaan karena penurunan nilai, ini harus menjadi perhatian serius semua jajaran Disdukcapil mengapa sampai menurun,” jelasnya.

Dewa menegaskan kepada semua jajaran Dosdukcapil untuk mengevaluasi semua sistem pelayanan dan kinerja pegwainya.

“Setiap pelayanan SOP nya harus jelas, ini banyak aduan masyarakat cetak KTP sampai berbulan-bulan, sementara ada sebagian yang hanya dua hari selesai, ini ada apa?, hal seperti ini kan membuat masyarakat curiga, pejabat terkait harus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait kendala yang dihadapi, jika memang terbukti adanya pungli, akan saya tindak tegas oknum pegawai tersebut, baik PNS maupun non PNSD,” tegas Dewa.

Dewa juga menghimbau semua pegawai yang bertugas melayani masyarakat harus dengan ramah.

“Harus ramah, jangan cemberut di depan masyarakat, apapun masalah dan tekanan yang dihadapi tidak boleh mengganggu kinerja kita melayani masyarakat, ramah-ramah dengan mereka, ini sudah jadi tanggung jawab bapak ibu sekalian,” katanya.

Disamping soal pelayanan, Dewa juga menyoroti terkait kondisi lingkungan sekitar kantor Disdukcapil.

“Mulai dari keberhasilan lingkungan, kemudian saya lihat banyak barang-barang rongsokan yang menumpuk di satu tempat, ini segera koordinasikan, jika tidak berguna lagi segera angkut, jangan mengganggu pemandangan, kemudian bunga dan potnya harus di tata, sehingga setiap masyarakat yang berkunjung ke kantor ini merasa nyaman,” ujarnya.

Terakhir Dewa mengajak seluruh jajaran dan pegawai menjalalin kekeluargaan yang baik.

“Harus kompak, antara pejabat dan pegawai, harus terjalin kerjasama yang baik, bagaimana mau baik kinerjanya, jika antar pegawai tidak kompak” pungkasnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza

Pos terkait