Disdik Himbau Agar Anak Disabilitas Mengenyam Pendidikan

oleh -13 views
Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Palembang, Bahrin

Palembang, klikampera.com – Tidak bisa dipungkiri, sesuai amanat Undang-Undang bahwa semua Warga Negara Indonesia (WNI) wajib mendapatkan pendidikan. Tak pandang kaya atau miskin, atau pun bagi mereka kaum disabilitas.

Melalui hal tersebut, Pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang menghimbau agar para anak-anak disabilitas di Palembang untuk tetap bersekolah mengenyam pendidikan demi masa depan bagi mereka.

“Semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Cacat secara fisik bukan mengurungkan niatnya untuk menimba ilmu di bangku pendidikan, dia perlu mendapatkan pelayanan serta ada rasa percaya diri dalam menuntut ilmu,” ujar Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Palembang, Bahrin, Sabtu (5/1/2019)

Pasalnya, lanjut Bahrin bahwa semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak, tidak adanya diskriminatif dalam proses belajar mengajar kepada anak yang secara fisiknya mengalami cacat, karena juga kita sadari dibalik kekurangan itu ada kelebihan, karena di mata Tuhan semuanya sama.

Menurutnya, Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 31 (1).

“Apalagi sekarang ini pemerintah sedang menggalakkan wajib belajar 9 tahun, mereka yang memiliki cacat fisik akan diberikan bantuan sesuai dengan cacatnya oleh Disdik Kota Palembang,” tuturnya.

Dikatakannya, pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang terus berupaya agar memberikan pelayanan pendidikan dalam hal ini anak-anak yanh wajib mengikuti pembelajatan di usia mereka.

“Bagi warga negara yang mengalami cacat tidak menghambat mereka untuk mengenyam pendidikan di sekolah manapun baik sekolah negeri maupun swasta. Yang cacat itu Cuma fisiknya saja, tetapi kemampuan dan daya fikir mereka sama dengan anak normal lainnya,” katanya.

Dia meminta, Untuk mendidikan anak yang memiliki kekurangan fisik hendaknya pihak sekolah dapat memperlakukan mereka sama dengan anak normal.

“Supaya anak tersebut tidak minder dengan teman lainnya di sekolah dan bagi mereka yang menyandang cacat hendaknya mencari sekolah yang dekat tempat tinggalnya agar supaya tidak membebani keluarga mereka sendiri,” pungkasnya.

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza