Distance Learning Bidang Kontruksi, Membuka Wawasan Calon Engineer Universitas Muhammadiyah Palembang

oleh -62 views
Fasilitasi Distance Learning Bidang Konstruksi yang bekerjasama dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI

Palembang, klikampera.com – Persiapan bagi para calon engineer untuk mendapatkan surat keterangan ahli sangat dibutuhkan guna mempermudah kiprahnya di dunia kerja.

Merespon hal ini, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang mengadakan kegiatan bertajuk Fasilitasi Distance Learning Bidang Konstruksi yang bekerjasama dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Kegiatan ini diikuti 136 mahasiswa Prodi Teknik Sipil dan diselenggarakan di Aula Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang, Kamis (18/7/2019), yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik Ir. Junaidi, M.T., dengan menghadirkan Rohmanom, S.Sos., M.Si., dari Balai Penerapan Teknologi Konstruksi PUPR sebagai narasumber.

Mahasiswa Fakultas Teknik peserta Distance Learning Konstruksi

Dalam sambutannya, Rohmanom, S.Sos., M.Si., menyebutkan bahwa Kementerian PUPR RI sejak tahun 2016 hingga saat ini berusaha mendekatkan diri dan membantu seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan dari usaha ini agar mahasiswa yang telah lulus dapat segera masuk dalam industri jasa konstruksi. Salah satu upaya yang dilakukan melalui Distance Learning.

“Distance Learning disini sejalan dengan revolusi industri 4.0. Intinya adalah siapa yang rajin dia yang menang, siapa yang bisa menggunakan IT dia yang menang. Sudah tidak ada batasan di industri saat ini. Jadi poin pentingnya adalah anda-anda harus rajin, mengusai teknologi, dan bisa belajar mandiri,” ungkapnya.

“Sesuai dengan yang diamanatkan oleh Menteri Ristek Dikti bahwa ke depannya capacity building. Dimana masa depan capacity building di dunia adalah belajar mandiri dan dapat menghadapi berbagai tes,” imbuhnya.

Dalam kesempatan Fasilitasi Distance Learning Bidang konstruksi di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang tersebut, para peserta diberi gambaran untuk bisa mengikuti pelatihan agar bisa memperoleh sertifika keahlian. Tidak sebatas pemberian materi, pada sesi terakhir para peserta mempratekkan cara mengikuti tes sesuai dengan bidang keahlian yang diminati secara langsung.

Editor: Rianza