Ditolak Berobat di Puskesmas, Bayi Asal Brebes Meninggal Dunia

Oleh Klikampera pada Kamis, 14 Desember 2017 00:18 WIB

klikampera.com – Icha Selvia, bayi asal Brebes sempat ditolak berobat di puskesmas akhirnya meninggal dunia. Icha Selvia, mengalami muntah-muntah dan buang air sejak Jumat petang. Sabtu pagi, bayi tersebut dibawa ke Puskemas Sidamulya oleh Emiti, ibu si bayi. Namun petugas menolak menerimanya. Alasannya, Emiti tidak bisa menunjukkan kartu keluarga (KK) dan Icha belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Emiti mengakui bahwa saat datang ke Puskesmas itu dia memang tidak membawa KK. Namun kalaupun dia membawanya, mungkin juga akan dipersoalkan lagi karena nama bayi 7 bulan tersebut memang belum tercatat di KK. Icha juga belum punya KIS karena masih dalam proses. Ketika Suniti hanya menyodorkan KTP, petugas langsung menampik.

“Dua petugas itu ngomong tidak bisa menerima Icha karena tidak ada salinan KK. Saya sudah menjelaskan bahwa Icha belum terdaftar dalam KK karena masih berumur 7 bulan, tapi ya tetap ditolak. Padahal kondisi anak saya saat itu sudah sangat lemah,” ujar Emiti, saat ditemui di rumahnya, Senin lalu (11/12).

Emiti segera berbalik menuju tempat praktik bidan desa, namun lagi-lagi gagal karena bu bidan sedang tak ada di rumah. Demikian juga ketika dia mendatangi Polindes di balai desa setempat, ternyata juga tutup.

“Saya tidak berani membawa Icha ke rumah sakit karena tidak memiliki biaya cukup, apalagi suami saya tidak ada di rumah karena sedang merantau, kerja di kapal ikan,” kata Emiti yang memang berasal dari keluarga tidak mampu.

Kondisi Icha pun semakin lemah karena tidak mendapat pertolongan medis. Bocah ini pun akhirnya meninggal pada Minggu siang dan langsung dikuburkan pada sore harinya di TPU terdekat sore harinya.

Kepala Puskesmas Sidamulya, dr Arlinda, mengakui ada petugasnya yang menolak pasien hanya karena kurang syarat administrasi. Padahal Puskesmas memiliki fungsi kedaruratan yang seharusnya lebih mendahulukan kondisi darurat pasien dibanding kelengkapan administrasi.

Pos terkait