Dr. Agussani Dilantik Menjadi Rektor UMSU Periode Ketiga

oleh -84 views

Medan, klikampera.com – Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Arsyad melantik Dr. Agussani MAP menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Periode 2018-2022.

Pelantikan yang berlangsung Kamis pagi (3/5) dihadiri Ketum PP Muhammadiya Dr. Haedar Nashir dan unsur PPM lainnya, Suyatno, Marpuji Ali, Agung Danarto dan Ketua Majelis Dikti dan Litbang Prof. Dr. Lincolin Arsyad.

Hadir Pejabat Forum Komunikasi Pemerintahan Daerah, Para Rektor, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumatera Utara dan mitra UMSU.

Ketua PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir yang melantik Dr. Agussani mengatakan, pengangkatan Dr. Agussani menjadi rektor untuk ketiga kalinya menjadi pertimbangan khusus PP Muhammadiyah.

Haedar Nashir mengatakan, Agussani memiliki tugas untuk menyukseskan Program re-Akreditasi A dan menjadiman UMSU sebagai pusat keunggulan.

Kata Haedar, Seluruh PTM yang ada diharapkan menjadi kekuatan Muhammadiyah untuk memajukan anak bangsa. Gerak Kemajuan Muhammadiyah terus dikembangkan dengan dibangunnya fasilitas pendidikan di Melborne, Mesir dan Malaysia.

Kepada UMSU Haedar Nashir berharap dapat menjadi pusat excellence di Pulau Sumatera. “Bangsa yang maju dan modern adalah bangsa yang menjadikan pendidikan prioritas utama. Untuk itu Indonesia harus menjadikan pembangunan kualitas pendidikan untuk dapat menyiapkan bangsa yang berkarakter, ungkap Haedar.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto membacakan SK PP Muhammadiyah tentang pengangkatan Rektor UMSU Dr. Agung Danarto.

Dr. Agussani M.AP., usai dilantik menyampaikan janji pelantikan yang berisi lima butir janji, diantaranya; Menjunjung tinggi petunjuk Allah sesuai Al Quran dan Sunnah; Mematuhi perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku di perguruan tinggi; Berpedoman paga garis-garis persyarikatan yang tertuang pada muqaddimah AD Muhammadiyah; Menegakkan prinsif Musyawarah dan mendahulukan kemashlahatan umat dan Membina semangat kebersamaan dan menjalin kerjasama dengan persyarikatan Muhammadiyah.

Pada kesempatan pelantikan itu Ketua Kopertis I Prof. Dr. Dian Armanto menegaskan, UMSU memiliki berbagai keunggulan dibanding PTS lainnya di UMSU. ” Saya bangga dengan UMSU,” kata Dian.

Dian berharap UMSU dapat menyusun Renstra Universitas hingga tahun 2045 dan Menjadikan UMSU untuk semua warga Simatera Utara.

Bersamaan dengan Pelantikan Rektor UMSU Bank Syariah Mandiri menyerahkan bantuan satu mobil kepada UMSU. (SHD)