Dua Unit Train Set LRT Tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang

oleh -106 views

Palembang, klikampera.com – Dua unit Train Set rangkaian Light Rail Transit (LRT) sudah bersandar di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Rabu kemarin (11/4/2018).

Train Set yang dibuat PT INKA ( Persero) dikirim melalui jalur laut diangkut mengunakan kapal Maritindo Perkasa 2 IMA 9819076 dan langsung ditinjau Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar.

“Meskipun baru dua unit dari delapan unit train set yang dipesan, ini menjadi sebuah kebahagiaan bagi seluruh masyarakat. Apalagi kedatangannya lebih cepat,” jelas Nasrun.

Saat ini kondisi rangkaian kereta (Trains Set) untuk light rail transit (LRT) masih diselubungi bungkus sesuai standar dari PT INKA dan PT KAI. “Rencananya selubung ini akan dibuka oleh Gubernur Sumsel dan Menteri Perhubungan pada launching nanti,” ungkapnya.
Ia menerangkan, untuk pemasangan nanti trainset ini akan difokuskan di zona 5 LRT Jakabaring. Yang mana mobilitas pemasangan train set dari pelabuhan sampai ke zona 5 ini akan dilakukan pada malam hari agar tidak menganggu aktivitas masyarakat.

“Sampai dengan waktu pemasangan, Pelindo II menjadi penanggungjawab selaku pemilik tempat penyimpanan train set yang sudah datang. Nanti kalau sudah di launching, dua train set ini akan langsung dirakit dipasang,” jelasnya.

Direncanakan, kata Nasrun 20 April mendatang akan langsung di launching Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin.

Setelah di launching orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini, dikatakan Nasrun Mei dan Juni akan dilakukan uji coba.

“Setelah dibuka, untuk uji coba train set baru akan dilaksanakan pada Mei dan Juni mendatang. Sementara pada Agustus, rencananya baru akan beroperasi penuh,” tandasnya.

Sementara itu, GM Pelindo II Cabang Palembang, Agus Edi Santoso menerangkan, untuk kesiapan tempat penyimpanan bukan masalah bagi Pelindo II. Pihaknya pun sudah menyiapkan tempat bersandar bagi kapal pengangkut train set ini.

“Kita sudah lama siap menyambut kedatangan kapal pengangkut train set ini. Dan tidak akan menjadi masalah bagi kedatangan pengangkutan train set yang lain,” tukasnya.

Ia menerangkan, train set ini bersandar di pelabuhan Boom Baru sekitar pukul 10.00 Wib dan mulai dipindahkan dari kapal pengangkut ke lokasi pelabuhan (bongkar muat) pada pukul 13.00 Wib.

“Kita bertanggung jawab sampai dengan proses keluarnya train set dari wilayah pelabuhan, karena kita sudah memiliki standar ISO untuk pengamanan trainset. Bahkan kita ada tambahan personil khusus menjaga train set ini,” pungkas dia. (rzp)