Edi Resmi Pimpin Alap-alap Sumatera Shooting Club

oleh -62 views
Pelantikan Pengurus Alap-alap Sumatera Shooting Club

Palembang, klikampera.com – Setelah sebelumnya melalui proses musyawarah akhirnya, Edi Irawan secara resmi menjadi Ketua Alap-alap Sumatera Shooting Club dan dilantik oleh Perbakin Kota Palembang.

Edi Irawan mengatakan anggota dari Alap-alap ada 77 anggota di kota Palembang, anggota tersebar di beberapa daerah seperti kabupaten Ogan Ilir 35 orang, Kayu Agung 27 orang, Banyuasin 21 orang dan beberapa chapter di luar Sumatera.

Diambilnya nama klub Alap-alap diambil dari burung Alap-alap mempunyai kecepatan melebihi Elang. Mungkin ini disebabkan karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil ketimbang Elang. Dengan berat yang ringan dan struktur tubuh yang sangat aerodinamis, ia tidak hanya mampu terbang cepat, tetapi juga bergerak dengan berbagai manuver.

“Memantau setiap gerak targetnya Alap alap dapat dikategorikan ke dalam hewan tercepat, yakni dengan kecepatan yang bisa mencapai 320 km/jam,” terang Edi usai dilantik, Sabtu (21/7/2018)

Selain itu, lanjut Edi mata Alap-alap juga mempunyai akurasi yang tinggi. Alap-alap mempunyai daya penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2.6 kali mata manusia. Tidak heran meskipun berada di tempat tinggi, ia tetap bisa melihat mangsanya dengan jelas sehingga dalam mengambil keputusan selalu sesuai dengan sasaran yg diharapkan

“Selain bisa melakukan serangan terhadap mangsa di darat, burung Alap-alap mampu melakukan penyergapan terhadap burung lain di udara dari segala sisi. Ini adalah salah satu keunggulan dari burung Alap-alap yang memiliki kemampuan untuk berburu di udara dalam segala situasi dan kondisi alap alap siap tempur,”

“Alap-alap adalah sahabat bagi petani karena mereka memangsa tikus sawah. Alap-alap shooting club adalah sahabat bagi siapa saja,” terangnya.

Ia menyebutkan ada sekitar 12 klub menembak di Palembang yang ikut dalam Piala Bergilir Perbakin Kota Palembang yang mempertandingkan empat nomor menembak.

“Total hadiahnya itu mencapai Rp 30 juta,” ungkapnya

Alap-alap pula mempunyai semboyan Vincendum omni honore berarti selalu menang dalam kehormatan . Dalam setiap pertandingan menang kalah adalah bonus dari sebuah latihan namun ketika kita bersikap seportif maka kita sudah menang dalam kehormatan .

Wakil Ketua Perbakin Sumsel, Syaidina Ali mengatakan mengapresiasi dengan dilantiknya klub menembak tersebut. Namun ia berpesan agar klub ini tak hanya terbentuk dan dilantik saja, harus ada kegiatan untuk mengobarkan semangat dalam mencari bibit atlet.

“Selain itu juga membina atlet Perbakin di Palembang, khususnya Sumsel. Kita buktikan bahwa banyak potensi di Sumsel ini,” pungkasnya.

 

Wartawan: Sugiarto
Editor: Rianza