Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya Bangun PPT Cindo

Oleh Klikampera pada Senin, 16 Juli 2018 14:49 WIB
Pusat Pelayanan Fakultas Teknik Unsri yang diubah menjadi terpusat disatu tempat
  • Whatsapp

Palembang, klikampera.com – Guna memudahkan masyarakat dan juga mahasiswa dalam mengurus studi dan berkas syarat serta pelayanan lain, pihak
Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (Unsri) mendirikan Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) yang diberi nama PPT Cindo.

Hal ini dilakukan menyusul keluhan dan masukan para mahasiswa agar hal-hal yang berkenaan dengan pelayanan mahasiswa terpusat disatu tempat agar tidak memakan waktu lama bagi mahasiswa yang mebgurus berkas studi dalam bentuk apapun.

Kepala Bagian Tata Usaha FT Unsri Deni Chairuddin ST, menjelaskan pelayanan Cindo adalah pelayanan yang memberikan kenyamanan terhadap masyarakat dalam melakukan kegiatan di FT karena tersedianya sarana dan prasarana pelayanan.

Lanjut dia dengan indikatornya antara lain sarana prasarana penunjang pelayanan refresentatif, petugas memiliki kompetensi teknis dan softskill dalam melayani, tersedia pusat pelayanan terpadu, birokrasi pelayanan tidak panjang, serta proses pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana penunjang pelayanan jelas dan tepat.

“Pusat Pelayanan terpadu ini dibuat karena ingin memberikan kenyamanan untuk mahasiswa dalam urusan administrasi agar proses pelayanan lebih mudah, jelas dan tepat,”terangnya, Senin (16/7/2018).

Misalnya mahasiswa ingin mengurus beasiswa, mereka harus ke bagian kemahasiswaan kemudian lanjut ke bagian keuangan, ini akan dibuat satu pintu agar proses pelayanan tidak panjang.

Dia menambahkan untuk mewujudkan pelayanan Fakultas Teknik Cindo ini dilakukan juga langkah-langkah seperti percepatan proses pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana dengan membuat aplikasi dokumen pengadaan langsung, dan memenuhi sarana prasarana penunjang yakni, ruang kelas, ruang dosen, wifi, musholah, wc, dan kantin yang sehat.

“Semua mahasiswa, dosen karyawan, dan masyarakat yang berhubungan dengan Fakultas Teknik akan sangat terbantu dengan adanya PPT ini,” tegasnya.

“Saya pribadi punya planning kedepannya mahasiswa teknik ini merasa nyaman dalam melakukan administrasi, nyaman kuliah, nyaman makan, nyaman sholat dan lain sebagainya,”tambahnya lagi.

Sementara itu, Ikrar Sabangsa SE MM, Auditor Itjen Kemenristekdikti menanggapi masalah pusat pelayanan terpadu yang sudah dibangun di FT Unsri.

Dia mengatakan sebaiknya pusat pelayanan terpadu dipercepat untuk dibentuk, tidak hanya di Fakultas Teknik melainkan di semua fakultas dan Universitas.

“Sebaiknya pusat pelayanan terpadu dipercepat untuk dibentuk di semua fakultas dan Universitas” ujarnya.

Menurutnya pusat pelayanan terpadu sangat bermanfaat bagi Universitas Sriwijaya dan masyarakat, hal ini sudah sesuai dengan Permenpan no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

“Saya sudah melihat dan menilai hal ini akan sangat bermanfaat bagi Unsri dan masyarakat, sudah sesuai dengan permenpan no 25 Tahun 2009. Mohon ditingkatkan dengan alur administrasi dan standar pelayanan,” terangnya.

 

Wartawan: Sugiarto
Editor: Rianza

Pos terkait