Fitri: TPS Terpadu Solusi Tercepat Penanganan Masalah Sampah Rumah Tangga

oleh -19 views
Wakil Walikota Palembang - Fitrianti Agustinda saat memberikan keterangan kepada awak media, Kamis (13/6).

Palembang, klikampera.com – Masalah pengelolaan sampah rumah tangga, menjadi fokus utama Pemerintah kota Palembang saat ini, selain sebagai salah satu indikator dalam memperoleh piala Adipura tahun 2020 mendatang. Target yang harus dicapai yakni mulai dari kesiapsiagaan armada pengangkutan yang ada di setiap kecamatan, serta inovasi Camat dalam mengelola sampah yang ada di wilayahnya.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, bahwa Pemkot sedang merencanakan untuk melakukan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) terpadu di setiap kecamatan. Jadi sampah yang ada disetiap kelurahan bisa dibuang dan di olah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Hal ini mengingat beban sampah di Kota Palembang yang mencapai 1.400 ton per hari, apalagi pasca lebaran idul fitri ini diperkirakan volume sampah akan bertambah jauh sekali.

“Ya tentu saja ini harus kita lakukan percepatan sehingga masyarakat nanti bisa membuang sampah di tempatnya. Saat ini sudah kita siapkan, sehingga sampah langsung dikelola menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti bijih plastik yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar , ” Katanya, Rabu (12/6) saat memimpin rapat koordinasi pengelolaan sampah di Ruang Rapat II Setda Kota Palembang.

Insya Allah ini akan berguna untuk mengurangi tingkat volume sampah rumah tangga harian yang mesti diangkut petugas dari DLHk, untuk itu secepatnya proses ini akan kita jalankan, sambung Fitri.

“Jika tempat pembuangan sampah tersebut berjalan dengan lancar, maka sampah langsung dikelola dan tidak perlu menumpuk, karena langsung diproses melalui pemilahan dan pencacahan sesuai dengan jenis sampah tersebut.

Kendala yang dihadapi adalah masih terdapatnya lahan milik Pemerintah Provinsi, namun akan kita koordinasikan agar bisa diberikan kepada pemkot Palembang untuk dikelola dengan baik sebagai tempat pembuangan sampah terpadu, “tutupnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, H. Faizal AR, Mengatakan bahwa upaya ini sebagai langkah mengatasi masalah pengelolaan sampah perkotaan. Untuk itu diharapkan camat dapat lebih berperan dalam masalah ini.

Dirinya mengatakan bahwa saat ini sudah ada contoh pengelolaan 3R yang baik di Kecamatan Kalidoni, dimana dapat mengurangi volume timbunan sampah hingga kecamatan di sekitarnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza