FK UMPalembang Siap Mensukseskan Program Imunisasi Nasional di Provinsi Sumatera Selatan

oleh -88 views

 

Rabu, 15 November 2017 bertempat di Gedung F Lantai 3 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) diselenggarakan kuliah tamu dengan tema “Peran Penting Imunisasi Measies Rubella (MR) dalam Menunjang Tumbuh Kembang Anak yang Optimal”. Mayoritas peserta kuliah umum adalah mahasiswa Dokter Muda FK UMPalembang yang sedang menempuh program profesi dokter pada semester ini.

Kuliah umum ini mengundang Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, yaitu Prof. Dr. Cissy Kartasasmita, M.Sc., Sp.A (K), Ph.D., Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Universitas Padjajaran/Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sebagai narasumber. Dalam materinya, Prof. Dr. Cissy Kartasasmita menjelaskan mengenai kebijakan prenyelenggaraan Imunisasi yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat dengan prinsip keterpaduan.

Lebih lanjut Prof. Dr. Cissy Kartasasmita juga menjelaskan, bahwa prinsip penyelenggaraan program imunisasi di Indonesia, semua bayi, balita, anak sekolah dan WUS di seluruh wilayah Indonesia harus diberikan perlindungan dengan Imunisasi sesuai ketentuan untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi sebagai hak azazi mereka dan kewajiban negara.

Wakil Dekan I FK UMPalembang dr. Liza Chairani, Sp.A., M.Kes., dalam sambutanya saat membuka kuliah tamu terebut mengatakan, semoga mahasiswa dan dosen FK bisa menambah pengetahuan terkait Imunisasi Measies Rubella, karena di tahun 2018 program tersebut akan dilaksanakan di Sumatera Selatan.
“FK UMPalembang siap mensukseskan program Imunisasi Nasional di Provinsi Sumatera Selatan” tambah dr. Liza Chairani. Kita sebagai pelaku industri pendidikan agar dapat nantinya memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya Imunisasi.