Gubernur: Shalat Istisqa Perlu Petunjuk Ulama

oleh -13 views
Gubernur Sumsel, Herman Deru

Palembang, klikampera.com – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan Shalat Istisqa bila dilaksanakan kembali perlu meminta petunjuk dari ulama, terutama terkait dengan waktu yang tepat.

“Apakah bisa shalat minta hujan tersebut dilakukan secara berturut-turut dengan jarak yang dekat sehingga itu perlu petunjuk ulama,” kata dia saat ditanya mengenai pelaksanaan kembali shalat minta hujan itu di Palembang, Kamis (5/9).

Hal itu karena pihaknya bersama pemerintah kabupaten dan kota telah melaksanakan Shalat Istisqa yang waktunya belum begitu lama.

“Alhamdulillah hujan turun walaupun tidak lama dan itu berarti doa dikabulkan Allah SWT,” ujar dia.

Ia mengakui bahwa sekarang ini kemarau masih berlangsung serta hujan belum turun secara intensif sehingga rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Oleh karena itu, kata dia, sudah sewajarnya bila kembali dilaksanakan shalat minta hujan tersebut, namun perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan para ulama.

“Apakah Shalat Istisqa bisa dilaksanakan dengan jarak yang singkat atau mana yang bagusnya sehingga perlu ada petunjuk ulama,” ujar dia.

Ia mengatakan bila memang sudah tepat waktunya, tidak ada salahnya dilaksanakan kembali shalat minta hujan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan, di antaranya dengan tidak membakar hutan dan lahan saat membuka lahan.

Apalagi, kata dia, Sumsel banyak terdapat lahan gambut yang bila terjadi kebakaran akan sulit untuk dipadamkan.

“Oleh karena itu, mari bersama-sama untuk menjaga hutan dan lingkungan sehingga tetap lestari,” kata dia.

(Ant/riil)