Gubernur Sumsel Akan Jadikan Festival Gapura Agenda Tahunan

Oleh Klikampera pada Kamis, 26 September 2019 08:54 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu (21/8/2019)

Palembang, klikampera.com – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru akan menjadikan festival gapura yang dilaksanakan dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI menjadi agenda tahunan di provinsi itu.

“Hal ini karena festival gapura untuk menciptakan lingkungan semakin menarik,” kata Gubernur Herman usai menyerahkan piala bergilir dan hadiah pemenang festival di Palembang, Rabu (25/9).

Ia menjelaskan, demi membangkitkan semangat membangun lingkungan serta menjaga kekompakan serta silaturahim antarwarga Sumsel maka festival gapura akan dijadikan agenda tahunan di daerah itu oleh Pemprov Sumsel.

Namun, kata dia, hal yang lebih penting, kegiatan tersebut untuk melestarikan tradisi perayaan hari kemerdekaan RI sehingga kegiatan itu dinilai tepat dijadikan agenda menciptakan gerakan yang mengusung nilai cinta terhadap lingkungan.

Ia mengatakan manfaat festival itu cukup banyak, di antaranya bisa menciptakan kebanggaan terhadap budaya dan kearifan lokal Sumsel.

Selain itu, kata dia, mempererat persaudaraan, menjaga nilai gotong royong antarwarga, bahkan menjaga persatuan melalui karya seni.

Ia mengatakan festival gapura itu memang yang pertama diselenggarakan Pemprov Sumsel, sebagai salah wujud kecintaan masyarakat terhadap kampung dan negara sendiri.

“Saya sangat bangga karena kegiatan itu diikuti peserta dari seluruh lapisan masyarakat se-Sumsel apalagi semua bangunan gapuranya sangat bagus, kreatif, dan inovatif sehingga sangat mengapresiasi,” kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan piala bergilir agar festival gapura itu menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Sumsel Ahmad Rizwan mengatakan festival kali ini diikuti semua kalangan dari RT, RW, desa, kelurahan, organisasi masyarakat, dinas, serta komunitas se-Sumsel.

Jumlah peserta yang terdata 76 gapura berasal dari 17 kabupaten dan kota se-Sumsel.

(Ant/riil)

Pos terkait