Gubernur Sumsel Minta Masyarakat Tidak Tebang Pohon Sembarangan

Oleh Klikampera pada Kamis, 23 Januari 2020 08:48 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, klikampera.com – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak menebang pohon sembarangan terutama di kawasan hutan lindung.

“Masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian hutan diantaranya tidak menebang pohon,” kata Gubernur di Palembang, Rabu (22/1).

Ia mengatakan pohon-pohon di kawasan hutan lindung tersebut dapat menjadi habitat bagi harimau yang selama ini merupakan hewan yang dilindungi.

Saat ini, menurut dia, harimau tersebut meresahkan masyarakat karena habitatnya terganggu akibat adanya penebangan hutan.

“Jadi harimau itu biar tidak keluar dari habitatnya tentu rantai makanan harus terjaga. Domisilinya juga harus terjaga,” ujar Herman.

Oleh karena itu, ia juga meminta masyarakat agar bersama-sama melestarikan hutan sehingga hewan dan lingkungan menjadi lestari.

Terkait penangkapan harimau tersebut, ia mengharapkan kejadian ini menjadi pembelajaran bersama agar tidak mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan terutama di kawasan Pagaralam.

Sebelumnya, seekor harimau tertangkap di Semendo Darat Ulu, Muara Enim, karena masuk perangkap yang dipasang BKSD.

Harimau tersebut diduga sedang mencari makan karena habitat aslinya mulai terganggu.

(Ant/riil)

Pos terkait