H. Herman Deru, Ajak Gubernur Gorontalo Angkat Kebudayaan Melayu dan Islam

Oleh Klikampera pada Jumat, 30 Oktober 2020 20:52 WIB

Palembang, klikampera.com – Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang juga Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, secara spontan menyerahkan mandat kepada Gubernur Provinsi Gorontalo H. Rusli Habibie sebagai Ketua DMDI Provinsi Gorontalo. Penyerahan ini dilakukannya tak lain untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan suku, adat serta budaya melayu di Provinsi yang dikenal dengan sebutan Serambi Madinah tersebut.

Penyerahan itu sendiri dilakukannya secara simbolis di sela-sela acara silaturahmi Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie serta rombongan JK Merah Putih Community, di Griya Agung, Kamis (29/10/20) malam.

Dikatakan Herman Deru, mandat itu Ia berikan agar Gubernur Gorontalo dapat segera bergerak cepat mengangkat kebudayaan Melayu dan Islam yang ada di Provinsi termuda di Indonesia itu.

Sebagai Ketua DMDI yang ditunjuk dengan gelar Sri Datuk, Ia berharap Gubernur Gorontalo dapat segera mengembangkan adat budaya melayu dari berbagai sisi. Mulai dari pakaian hingga bagaimana sikapnya untuk menyelaraskan perkembangan melayu dan Islam di Gorontalo.

Sementara itu Gubernur Gorontalo, H. Rusli Habibie mengatakan merasa seperti mimpi dipercaya oleh Ketua DMDI Indonesia H. Herman Deru sebagai Ketua DMDI di Gorontalo. Meski tidak mudah, Ia berkomitmen mengemban tanggungjawab tersebut untuk mengembangkan adat budaya melayu dan Islam di daerah yang dipimpinnya.

Selain rombongan JK Merah Putih Community, dalam silaturahmi itu Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie tampak hadir didampingi istrinya yang juga Anggota DPR RI Komisi VIII Idah Sahidah. Kedatangan orang nomor satu di Gorontalo itu tampak disambut dengan keragaman budaya khas Sumsel. Di antaranya tarian daerah serta kesenian Batanghari Sembilan dan pemberian cindera mata khas Sumsel berupa kain angkinan oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Feby Deru.

Selain itu tampak hadir juga Pjs Bupati Ogan Ilir Aufa Syahrizal serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.

(Ant,/riil)

Pos terkait