H. Herman Deru Ajak Masyarakat Tingkatkan Gairahkan Produk Hasil Pertanian di Sumsel

oleh -17 views
H. Herman Deru melepas ekspor komoditas pertanian Sumatera Selatan bertempat di pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat (15/3)

Palembang, klikampera.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melepas ekspor komoditas pertanian Sumatera Selatan bertempat di pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat (15/3).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dikesempatan ini mengajak semua unsur di Sumsel untuk terlibat dalam menggairahkan kembali ekspor produk hasil pertanian di Sumsel mengingat daerah ini masih memiliki komoditas yang dapat dijual ke luar negeri bukan saja karet, kopi dan kelapa saja.

Namun pihak Balai Karantina Pertanian Sumsel juga diharapnya proaktif dalam memfasilitasi eksportir lokal. Dengan memberikan pelayanan yang tidak berbelit dan pengurusan perizinan yang mudah.

Demikian juga dengan pihak pelabuhan diharapnya memberikan kemudahan jangan sampai terjadi penumpukan terlalu lama di pelabuhan karena sesuatu yang tidak begitu penting.

“Masyarakat petani di Sumsel juga kita ajak ayo. Kita garap potensi pertanian ini dengan serius jangan tanggung. Kalau bisa kedepan kita tidak mengekspor dalam bentuk bahan baku lagi. Tapi bagaimana kita jual produk dalam bentuk setengah jadi atau dalam bentuk olahan” ungkapnya.

“Contohnya kalau selama ini kita Ekspor bulat kedepan kenapa kita tidak manfaatkan sabutnya untuk keset kaki atau tali kapal dan sebagainya, sehingga akan meningkatkan harga jual dan nilai tambah bagi masyarakat,” harap Herman Deru.

Wartawan: Ria Amelia
Editor: Rianza