Heboh! Khasiat Kangen Water Cuma Hoax!

oleh -54 views

Palembang, klikampera.com – Warganet kembali dihebohkan dengan beredarnya surat berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI terhadap PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water untuk menarik semua brosur soal khasiat Kangen Water yang beredar di masyarakat.

Setidaknya ada 3 poin penting yang diinstruksikan Kemenkes kepada perusahaan tersebut,diantaranya Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara” (Kementerian Kesehatan RI).

Lalu Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device”.

Serta Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat “menyehatkan dan/atau menyembuhkan”. Seorang dokter melalui blogdokter.net mencoba mengungkapkan mengenai kangen water, berikut petikannya:

Klaim yang mengatakan setelah minum air alkali akan menyebabkan air kencing menjadi basa. Klaim ini adalah bohong besar. Bagaimana bisa air alkali yang sudah diasamkan oleh asam lambung bisa kembali alkali setelah tiba di ginjal?

Pada penderita penyakit ginjal terutama batu saluran kemih memang membutuhkan air kencing yang basa, tetapi caranya bukan dengan minum air alkali.Menurut beberapa testimoni, banyak yang mengatakan bahwa mereka sembuh setelah minum air alkali.

Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah “Placebo Effect” yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa awam disebut dengan istilah sugesti. Dulu pernah ada cerita, orang bisa sembuh dengan minum air yang dicelupkan batu oleh Ponari, manfaat menyembuhkan dari air alkali mirip seperti itu.

Beberapa pakar kesehatan juga meragukan klaim tersebut termasuk ahli gizi Emilia Achmadi. “Mereka tidak menipu, tapi tidak memberikan aspek yang benar.” katanya. Sedangkan Ketua Indonesian Hydration Working Group Saptawati juga menyebut kalau berdasarkan riset, khasiat air kangen belum terbukti secara ilmiah.