Heboh, Ribuan Surat Suara di Cirebon Hilang

oleh -30 views

Cirebon, klikampera.com – Ribuan surat suara Pilbup Cirebon untuk enam TPS di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat hilang. Imbasnya surat suara cadangan digunakan untuk mengangganti kehilangan ribuan surat suara tersebut.

Wakil Bupati Cirebon Selly Andriany Gantina mengatakan jumlah surat suara yang hilang sekitar 2.400 surat. Surat suara yang hilang hanya untuk pemilihan bupati, sementara surat suara Pilgub Jabar aman.

Kehilangan surat suara tersebut, lanjut Selly, awalnya diketahui oleh PPK yang hendak mendistribusikan surat suara ke TPS pada Selasa (26/6/2018) malam.

“Kejadian di Danamulya ini harus menjadi tolak ukur terkait pendistribusian surat suara ke TPS harus diperhitungkan secara matang. Kita ganti yang hilang itu dengan surat suara cadangan pagi tadi,” kata Selly kepada awak media di balai Desa Danamulya, Rabu (27/6/2018).

Selly mengatakan pihaknya hanya mengganti sebanyak 80 persen dari total surat suara yang hilang. Penggantian surat suara yang hanya 80 persen itu, diakui Selly, hasil dari pertimbangan terkait angka partisipasi pemilih yang ada di Desa Danamulya.

“Kita sepakati 80 persen. Surat suara cadangan ini dari KPU langsung, tidak menganggu (cadangan surat suara) desa lain. Di desa ini sebagian besar merantau, ada yang jadi TKI dan tingkat partisipasinya pemilu lalu sekitar 60 persen,” ucapnya.

Selly optimistis surat suara cadangan yang didistribusikan bisa memenuhi kebutuhan pemilih kendati hanya 80 persen surat suara cadangan. Pihaknya juga akan mengevaluasi dan tetap siaga. (DK)