I Go Green Ajak Pemkot Palembang Kelola Sampah Menjadi Nilai Ekonomis

oleh -26 views
Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat berdiskusi bersama komunitas I Go Green, Jumat (7/12)

Palembang, klikampera.com – Wakil Walikota Fitrianti Agustinda secara langsung mengumpulkan dinas yang berkaitan guna membahas masalah kebersihan, khususnya mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna bahkan menghasilkan income.

Hal ini dibenarkan Fitri saat berdiskusi bersama komunitas I Go Green, bahwa masalah kebersihan lingkungan ini merupakan topik yang menarik untuk dibahas apa lagi dalam satu hari kota kita menghasilkan 800-900 ton sampah, Jumat (7/12).

“Hari ini saya menerima secara langsung komunitas yang bergerak dibidang kebersihan, mereka adalah generasi muda yang bergerak untuk membeli sampah plastik” ujarnya.

“Saya menawarkan untuk mencari solusi seperti melibatkan Rukun Tetangga (Rt) dalam memilah sampah organik dan non organiknya, kemudian dari komunitas I Go Green mengambil tentunya akan dibantu oleh armada, kegiatan ini juga akan diawali percontohan Kecamatan Kertapati ” jelasnya.

Ia juga tambahkan, jika sudah terkumpul maka ini juga akan menjadi topik lagi dimana tempat pembuangannya jangan sampai ada tempat pembuangan sampah baru lagi. Maka dari itu kita harus cari solusinya dimana sudah ada idenya yang sudah dijalankan.

“Saya sangat menghargai sekali atas partisipasi mereka dimana usaha yang dilakukan adalah kegiatan yang baik sekali, jika kita lakukan secara maksimal ternyata sampah memiliki nilai ekonomisnya. Melalui program ini, setiap sampah yang ada dirumahan, perkantoran dan lestoran bisa dimanfaatkan karena sampah terutama sampah non organik.

Kepada masyarakat saya mengajak agar mengikuti program I Go Green yang akan kita terapkan, mengingat ini adalah salah satu wujud kepedulian menjaga kebersihan agar bumi dan laut tetap bersih dari sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua komunitas I Go Green Wahyu mengatakan jika sinerji kami bersama Pemkot Palembang dalam pengelolaan sampah menjadi suatu bahan yang ekonomis sangat disambut dengan baik.

“Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dan sudah kami mulai dengan membeli sampah ini bisa berjalan dengan lancar khusunya mengelola sampah plastik,” tutupnya.

Wartawan: Jaka
Editor: Rianza