Jajaran Korem Gapo Lakukan Patroli Karhutla

oleh -15 views
Pantauan dari udara kebakaran lahan gambut di kawasan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Senin (5/8/2019). BPBD Sumsel mencatat per awal Agustus, Ogan Ilir menjadi kabupaten dengan wilayah kebakaran lahan terluas

Palembang, klikampera.com – Jajaran Korem 044/Garuda Dempo terus melaksanakan patroli guna memantau titik api agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan.

Patroli dilaksanakan Satgas dari Kodim se Sumatera Selatan terutama daerah rawan kebakaran, kata Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Binsar J Simanjuntak di Palembang, Selasa.

Daerah rawan kebakaran terus dipantau untuk mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu jajarannya rutin melaksanakan patroli seperti yang dilaksanakan jajaran Kodim Muaraenim dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Selain patroli, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya dampak dari kebakaran hutan dan lahan.

Sementara Danramil 404-04/Gunung Megang selaku Dansub Satgas Muara Enim Kapten Inf Erry Hastanto mengatakan, dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pihaknya bersama tim gabungan melaksanakan patroli.

Dalam pelaksanaan patroli terpadu tersebut, tim Satgas melakukan berbagai kegiatan diantaranya melakukan koordinasi dengan aparat Desa, mendatangi lokasi areal rawan terjadinya kebakaran dan melakukan sosialisasi pendekatan tentang bahaya akibat kebakaran kepada masyarakat.

“Dalam patroli dilakukan pendataan di areal rawan kebakaran hutan dan lahan, pengumpulan data dan info, pemetaan kondisi desa baik fisik maupun permasalahan.

Selain itu melakukan pemadaman awal apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan dan menggali potensi desa yang bisa diberdayakan serta dikembangkan sebagai modal sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Dia mengatakan, wilayah Kabupaten Muaraenim terdapat hutan dan lahan rentan terhadap kebakaran, melihat kondisi cuaca saat ini cukup panas maka daerah ini, menambah rawan akan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya berharap dengan melakukan patroli terpadu dapat meminimalisir dan menekan seminimal mungkin terjadi kebakaran hutan dan lahan dan mensinergikan upaya para pihak dalam pencegahan.

(Ant/riil)