Jelang Asian Games, Ini Pesan Akhmad Najib Kepada Sat Pol PP, Satlinmas, dan Damkar kota Palembang

oleh -83 views

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Pemadam Kebakaran, digelar upcara bersama di halaman griya Agung Palembang, Rabu (21/3/2018).

Gubernur sumatera Selatan Alex Noerdin bertindak sebagai pembina dalam upacara tersebut. Dalam amanatnya, Alex Noerdin membacakan amanat dari Meneteri dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

“Tadi dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang saya bacakan, diminta untuk mempersiapkan dan mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak di Sumatera Selatan. Kemudian, saya tambahkan tiga poin penting lainnya yaitu bersama menjaga kondusifitas wilayah Sumatera Selatan, menjaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan dan yang ketiga bersama mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang. Jadi, semua tiga kesatuan ini harus menjaga semua itu, Insya Allah sudah kita lihat tiga satuan ini sudah jauh lebih baik. Mudah-mudahan berjaln dengan baik,” ujar Alex.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin membacakan sambutan tertulis Mendagri yang mengamanatkan Satpol PP dan Satlinmas dapat mengawal pelaksanaan pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. Sesuai dengan tema peringatan hari jadi Satpol PP ke-68 dan Satlinmas ke-56 kali ini.

“Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018’. Tema ini merujuk kepada upaya peningkatan kesiapsiagaan serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas sebagai perangkat daerah yang turut memberikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan pilkada 2018.
Sementara itu, Pjs walikota Palembang berpesan Selain mengawal dan mengamankan pelaksanaan pilkada serentak 2018 di Sumsel, Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib menambahkan tiga poin penting yang harus dilaksanakan seluruh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Pemadam Kebakaran di wilayah kota Palembang.

Tiga poin yang dimaksud yakni bersama menjaga kondusifitas wilayah Palembang, siap siaga dalam pengamananan bencana kebakaran, dan bersama mensukseskan pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 di Palembang.

Menurut Akhmad Najib, kondusifitas wilayah Palembang yang dikenal zero konflik harus selalu dijaga bersama, kemudian khusus satuan pemadam kebakaran harus siaga mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan karena menjelang pelaksanaan Asian Games bersamaan dengan puncak musim kemarau. Selanjutnya, bersama mensukseskan Asian Games karena Palembang dan Jakarta sebagai tuan rumah dan harus membawa nama baik Indonesia di mata dunia.

“Sering saya sampaikan, Palembang ini akan menjadi pintu gerbangya Indonesia dalam perhelatan asian games nanti, pertaruhan untuk kita semua, kita tunjukkan jika Palembang mampu menjadi tuan rumah yang baik, oleh karena itu, peran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Pemadam Kebakaran sangat penting, mereka harus menjadi garda terdepan dalam suksesnya asian games di Palembang” Ujar Najib.

Upacara peringatan HUT tiga satuan tersebut juga dihadiri langsung Bupati dan Walikota, para Kasat Pol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran Kabupaten dan Kota se-Sumsel. Dalam kesempatan itu, dilaksanakan juga penyerahan piagam penghargaan Gubernur Sumsel kepada Bupati dan Walikota sebagai pembinan terbaik Satpol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran.

Walikota Palembang berhasil menyabet penghargaan sebagai pembina Sat Pol PP terbaik kedua dari Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. (RZP)