Jelang Asian Games, Pemprov Sumsel Waspada Karhutla

oleh -120 views
Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

Palembang, klikampera.com – Jelang pelaksanaan Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mewaspadai dan memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dal lahan. Hak ini diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sunsel, Akhmad Najib, Rabu (4/7/2018).
“Percuma semua fasilitas pesta olah raga akbar tersebut tersedia kakau terjadi kabut asap,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai tuan runah pelaksanaan olah raga internasional, kebakaran hutan harus dicegah semaksinal mungkin. Terlebih pada Agustus nantinakan terjadi puncak kemarau.

“Jadi selama Asian Games tidak boleh ada kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan karena akan berdampak timbulnya kabut asap, “tegasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pengurangan Resiko Bencana Kemenko PMK, Iwan Eka mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG, puncak musim kemarau akan terjadi di Bukan Agustus atau tepat dengan pelaksanaan Asian Games yang diikuti 45 negara 18 Agustus – 2 September. Karena itu dibutuhkan peran dari seluruh kementrian, pemerintah daerah dan masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan kesiagaan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah Sumsel, Jambi dan Riau

“Harus ada rapat koordinasi untuk berbagi peran lintas kementrian/lembaga dan pemerintah daerah untuk menyusun rencana operasi pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, ” tutupnya. (ra)