Kampung Warna Warni Pipa Reja, Jadi Tempat Wisata Baru di Palembang

oleh

Palembang, klikampera.com – Kesuksesan Walikota Palembang H. Harnojoyo merubah bantaran Sungai Musi menjadi warna warni dengan cara pengecatan rumah rakit, ternyata menginspirasi warga (RT) 07 Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning untuk membuat kampung warna warni di lingkungan mereka.

Ivan Rafael, ketua RT 07 Kelurahan Pipa Reja mengatakan, ide membuat kampung wearna warni terbesit ketika momen hari kemerdekaan 17 Agustus yang lalu, saat itu semua warga secara swadaya mempercantik kampung dengan cat warna warni.

“Sudah ada tiga gang dilingkungan RT 07 Kelurahan Gang Puspasari, Lubuk Pauh Dalam dan Panca Sari, yang dicat menjadi warna warni,” kata Ivan.

Tidak hanya ingin sedap dipandang mata disiang hari, kampung warna warni ini pun harus cantik dikala malam.

“Warga juga kompak memasang lampu hias masing masing didepan rumah, sehingga warna warni lebih terlihat di malam hari dengan pencahayaan lampu hias,” ungkapnya.

Diakuinya, memang kampung warna warni di kampungnya belum rampung secara keseluruhan.

“Cat kita beli dari dana insentif RT ada juga bantuan warga,” katanya.

Ditambahkan Aris, salah satu warga RT 07 Kerlurahan Pipa Reja, setelah melihat hasil pengecaan tersebut, pihaknya bersama warga berinisiatif untuk terus melanjutkan program kampung warna warni dengan menggandeng komunitas seni Grafity.

“Saat itu kita warnai kampung, setelah usai 17 Agustus, kita menilai belum puas dengan yang sudah ada, karena cat yang kita buat tidak mempunyai unsure seni, sehingga terbesit untuk melibatkan komunitas seni grafity dalam mengecat kampung” Kata Aris yang juga menjabat Kasubag di salah satu bagian secretariat daerah kota Palembang.

Saat ini progress pengecatan kampong warna warni terus dilakukan warga bersama dengan komunitas grafity.

Hasilnya tampak lebih meriah, dan memiliki banyak nilai seni, bukan hanya cat warna warni, namun juga beberapa gambar warna warni menghiasi kampong tersebut, seperti gambar super hero dengan berbagai kata-kata bijak.

“Alhamdulillah komunitas grafity mau diajak kerjasama bahkan mereka sangat senang, mendapatkan tempat untuk menyalurkan hobi mereka” Tambah Aris.

Sementara itu Camat Kemuning Tris Septiawan mengatakan, sangat mensuport kreasi warganya yang sangat antusias menciptakan lingkungannya tampil beda.

“Kita punya kampung unggulan kampung warna warni, ini gagasan warga kita sangat mendukung, bahkan beberapa waktu yang lalu, ibu Wawako sudah berkunjung ke kampung tersebut dan sangat mengapresiasi, dan siap membantu mengembangkannya ” kata Tris Septiawan.

Kedepan kampong warna warni ini akan terus dikembangkan dan ditargetkan akan menjadi destinasi wisata baru di kota Palembang yang sangat popular.

Selain kampong warna warni, ditempat yang sama dilengkapi dengan kampong kuliner.