Kanwil Imigrasi Kelas I Palembang, Permudah Masyarakat Dalam Pembuatan Paspor Melalui Aplikasi APAPO

oleh -7 views
Kepala Kanwil Klas I Palembang yang di wakilkan oleh Kasi Informasi Sarana dan Komunikasi (Insarkom) Kanwil Imigrasi Klas I Palembang Irawan Widarto

Palembang, klikampera.com – Kantor Wilayah Sumatera Selatan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang setelah diterapkannya sistem online dalam pembuatan paspor dapat di Download melalui aplikasi di Google Play (Play Store) dengan layanan keyword “Layanan Paspor Online” warna merah.

Kepala Kanwil Klas I Palembang yang di wakilkan oleh Kasi Informasi Sarana dan Komunikasi (Insarkom) Kanwil Imigrasi Klas I Palembang Irawan Widarto, mengungkapkan, untuk pembuatan papor di Tahun 2019 ini tidak ada perubahan bahkan persyaratannyapun para pemohon pembuatan paspor cukup menyiapkan Akte Lahir, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK). Dan lebih penting lagi nama dan tanggal Lahir yang ada baik itu di KTP, KK dan Akte Kelahiran itu harus sama.

Sedangkan untuk biaya pembuatan paspor sendiri itu untuk permohon dikenakan biaya sebesar Tiga ratus Lima puluh Ribu Rupiah, sedangkan untuk pembayaran sendiri “permohon kita tidak lakukan pembayaran di kantor Imigrasi melainkan melalui banyak Bank seperti BNI, BRI, Kantor Pos dan Bank – Bank lainnya yang ada di Palembang,” ungkapnya, Selasa (10/9/2019) saat di jumpai awak media klikampera.com di Kantor Imigrasi Kelas I Palembang.

Lanjut, Irawan mengatakan, untuk pembuatan paspor secara online ini baik itu di tahun 2018 dan 2019 itu tidak adanya perbedaan cuma ada sedikit perbedaan dari Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO I) dan APAPO yang ke dua.

“Untuk pendaftaran paspor ini sendiri nanti akan dibuka oleh kanwin jadi kita dari divisi kantor Imigrasi sendiri nanti akan diterbitkannya pendaftaran paspor online ini akan dibuka perdua minggu sekali nantinya, dimana untuk perharinya sekitar 150 pendaftaran untuk perdua minggu sekalinya,” katanya.

Irawan menambahkan, untuk pendaftaran paspor online ini sendiri disamping banyak peminatnya jadi dengan kuota hanya 150 pelanggan bisa melebihi dari 150 pelanggan yang hendak mendaftar. Apalagi pada saat musim libura banyak orang memanfaatkan pendaftaran paspor online ini.

“Mudah – mudahan dengan adanya pendaftaran paspor online ini tujuan kita agar dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pembuatan paspor, dan masyarakat juga tidak perlu lagi untuk antri berlama – lama cukup donwload aplikasinya play store http://antrian.imigrasi.go.id / LayananBeta (L dan B dengan huruf besar, sambung),” tutupnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza