Kapolda Sumsel Ajak Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah Palembang Jaga Kebhinekaan

oleh -58 views

Palembang, klikampera.com – Sebagai generasi muda, mahasiswa seharusnya ikut dalam menjaga ketertiban akan adanya kebhinekaan yang ada di Indonesia. Jangan kemudian malah, mahasiswa yang membuat gaduh dengan membuat aksi radikal yang memecah belah perbedaan.

Demikian disampaikan Kapolda Sumsel Irjend Pol Zulkarnain Adinegara kepada ribuan Mahasiswa Baru (Maba) saat menjadi pemateri pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kampus (PBAK) Mahasiswa Baru (Maba) UIN Raden Fatah Palembang di lapangan sepakbola, Senin (13/8/2018) pagi.

“Siapa kita?,”tanya Kapolda. Kemudian dijawab dengan teriakan keras mahasiswa “Indonesia”.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkarnain menambahkan bahwa Indonesia memiliki 17.405 pulau dan 714 suku yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Sehingga ia menghimbau agar menjaga dengan semangat NKRI.

“Oleh karena itu, mari kita jaga perbedaan ini. Jangan sampai terprovokasi dengan gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme,”urainya.

Ia mencontohkan, bahwa di wilayah hukumnya ia telah menangkap 11 orang yang menamakan dirinya Jamaah Anshori Khilafah yang membaiat dirinya ke jaringan ISIS.

“Kemudian belum lama ini kita tangkap dari Jamaah Anshoru Daulah dua orang dari Riau saat datang ke Palembang, kita tangkap karena diduga jaringan terorisme,” pungkasnya.

Senada dengan itu disampaikan oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. H.M. Sirozi bahwa PBAK merupakan ajang pengenalan mahasiswa baru akan akademik dan kampus serta menanamkan nilai-nilai kebangsaan.

“Sehingga mereka telah memiliki bekal yang cukup dalam mengikuti perkuliahan hingga lulus dengan hasil yang optimal. Kenapa ditanamkan nilai kebangsaan? Karena kelak diantara mereka nanti juga akan jadi pemimpin,” pungkasnya.