Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel Kukuhkan Advokat Baru, dari DPD Ferari Sumsel

oleh -9 views
Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Dr. H. Soedarmadji. S.H,. M.Hum., yang berlangsung hikmat di Aula Pengadilan Tinggi Palembang di Jalan. Jendral. Sudirman Palembang, Rabu (4/12/2019)

Palembang, klikampera.com – Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) hari ini resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Dr. H. Soedarmadji. S.H,. M.Hum., yang berlangsung hikmat di Aula Pengadilan Tinggi Palembang di Jalan. Jendral. Sudirman Palembang, Rabu (4/12/2019).

Ketua PT Sumatera Selatan Dr. H. Soedarmadji. SH,. M. Hum mengungkapkan, seusai melantik Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) Ketua PT mengharapkan kepada seluruh Advokat yang baru saja diambil sumpahnya agar dalam menjalankan profesinya, beracara secara etik jangan sampai tujuan utama harus menang. Sekarang masyarakat sudah kritis, dan semua penegak hukum sudah dipedomani oleh hukum yang ada.

“Seperti yang kita ketahui semua eksistensi advokat itu sendiri tergantung dengan kemanpuan daripada advokat itu sendiri, dengan kualitas yang ada. Intinya integritas dan profesional harus selalu ditampilkan dan ditambahkan kalau ingin mendapat simpati publik. Kalau tidak mendapat simpati publik, tidak mungkin dipilih untuk melakukan pendampingan,” ungkapnya.

Lanjut, Ketua Ketua PT Sumatera Selatan Dr. H. Soedarmadji. SH,. M. Hum mengatakan, tidak hanya itu ketua PT juga menekankan kepada jajarannnya walaupun dalam era modernisasi yang serba elektronik seperti saat ini tetapi harus tatap mengacu pada hukum acara yang ada. Untuk sistem tetap pada asas peradilan sederhana, cepat dan berbiaya ringan untuk mewujudkan itu digunakan elektronik.

“Maka dari itu untuk Pengadilan yang ada di seluruh Sumsel sudah menempatkan dirinya sebagai satuan kerja atau sebagiai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) bagi pengadilan yang ada di Sumsel. Hal ini diperuntukkan jangan sampai adanya KKN dalam bentuk apapun,” ujarnya.

Masih Soedarmadji menambahkan, dirinya juga meminta kepada seluruh media agar dapat ikut membantu mengedukasi publik, bahwa PT akan memberikan pelayanan prima tanpa diberikan ucapan terimakasih.

“Jika apa yang sudah saya sampaikan tidak ini ternyata tidak dijalankan langsung cepat laporkan kepada saya. Bisa juga laporkan kepada Mahkamah Agung bagian pengawasan yang pengaduannya sudah sangat disederhanakan, bisa langsung, bisa email, bisa melalui telepon atau melalui aplikasi SIWAS,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPP Ferari, Dr. Teguh Samudra, S.H., M.H., meyampaikan, dalam pelantikannya hari ini kepada advokat Ferari di DPD Sumsel ini merupakan salah satu hal yang pertama kali, sedangkan bagi di daerah yang lainnya sudah banyak.

“Ferari sendiri sudah memiliki 26 DPD banyak DPC di seluruh Indonesia, untuk itulah DPD Sumsel yang baru pertama di lantik ini berjumlah 12 orang anggota. Pasalnya dari 12 orang ini banyak juga yang ingin masuk bergabung namun hal itu semua terkendala pada Usia. Yang mana untuk menjadi anggota FERARI ini harus berusia 25 tahun baru bisa masuk dalam anggota.

“Dari advokat yang disumpah tadi Insya Allah akan menjalankan profesi advokat demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di Sumsel. Setidak-tidaknya memberikan bantuan hukum Kepada yang tidak mampu dan menjaga tertib hukum kehidupan sehari-hari masyarakat sumsel,” ungkapnya.

Advokat Ferari menurutnya akan mengontrol penegakan hukum di Sumsel. Hal itu sesuai dengan motto Ferari yakni Profesional Religius artinya dalam menjalankan profesi harus ingat kekuasaan Allah, mengabdikan hidup pada masyarakat, berbakti pada orang tua, berbakti pada keluarga, ingat pada anak yatim selain itu memakmurkan rumah ibadah sesuai agama yang dianut.

“Kepada masyarakat Sumsel kalau mendapat permasalahan hukum, untuk tidak segan-segan mendatangi dan meminta bantuan hukum, baik advis maupun tindakan hukum dari advokat Ferari,” tutupnya.

Wartawan: M. Daud
Editor: Rianza