Ketua Umum PSSI: Jakabaring Pantas Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Oleh Klikampera pada Sabtu, 4 Juli 2020 14:31 WIB
Ilustrasi : Pertandingan Sriwijaya FC melawan Babel United pad laga penutup putaran pertama Liga 2 / 2019 di Stadion Jakabaring Palembang, Rabu (14/8/2019)

Jakarta, klikampera.com – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan bahwa Stadion Jakabaring, atau yang disebut pula Stadion Gelora Sriwijaya, di Palembang pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

“Pertimbangan pemilihan Jakabaring adalah, pertama, stadion itu sudah beberapa kali menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan internasional,” ujar Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/7).

Selain itu, dia melanjutkan, Jakabaring juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap termasuk akomodasi dan transportasi.

Dan, tidak kalah penting, adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah.

“Keseriusan pemerintah daerah di sana luar biasa,” tutur Iriawan.

Stadion Jakabaring yang berkapasitas lebih dari 40 ribu orang pernah menyelenggarakan berbagai turnamen olahraga baik multicabang maupun tunggal.

Di atas rumput stadion yang mulai dibuka pada tahun 2004 tersebut pernah berlangsung pertandingan SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asian Games 2018.

Jakabaring menjadi salah satu dari enam stadion yang direkomendasikan PSSI sebagai tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Keenam stadion tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah saat rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada Rabu, 1 Juli 2020.

Namun, FIFA masih akan meninjau stadion-stadion tersebut saat perwakilannya datang pada September 2020.

Nantinya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan melakukan perbaikan dan pembangunan di semua stadion Piala Dunia U-20 2021. Salah satu aspek yang mendapatkan perhatian khusus adalah keberadaan lapangan latihan.

FIFA mewajibkan ada lima lapangan atau stadion untuk tempat latihan tim dan wasit di sekitar stadion lokasi pertandingan Piala Dunia U-20.

(Ant/riil)

Pos terkait