KKP: Ikan Belido Satu Spesies Langkah

Oleh Klikampera pada Jumat, 15 Desember 2017 03:00 WIB

Palembang, klikampera.com – Melalui Kementrian, Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) meminta Walikota Palembang segera membuat aturan untuk melindungi beberapa jenis spesies asli Sungai Musi.

Aturan berupa Peraturan Daerah (Perda), ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya KKP RI, Slamet Subiyakto, perlu segera dibuat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dalam menjaga keberlangsungan sumber daya alam di Sungai Musi.

“Kita akan mendorong Walikota untuk menjaga ikan asli Kota Palembang. Tidak hanya aktif melakukan penyebaran benih, kita juga ingin agar ikan yang disebar dapar dilindungi,” imbuhnya disela-sela kegiatan tebar benih yang diadakan di Sungai Musi, Kamis (14/12/17).

Slamet mengatakan, kegiatan penyebaran benih yang dilaksanakan hari ini, merupakan langkah awal yang harus menjadi contoh bagi masyarakat setempat. Karena, tugas untuk menjaga keberlangsungan sumber daya alam, tidak hanya menjadi tugas pemerintah.

“Kita ingin seluruh masyarakat Kota Palembang memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga sungai Musi ini dengan sebaik-baiknya,” sampainya.

Untuk diketahui, spesies ikan dari Sungai Musi, merupakan spesies yang saat ini sudah sangat langka. Padahal, dulu ikan-ikan dari Sungau Musi ini cukup terkenal di pulau Jawa, salah satunya adalah Ikan Belida/Belido.

“Dulu ikan-ikan Sungai Musi ini sangat terkenal di Jawa. Tapi sekarang hanya tinggal cerita. Itulah kenapa kami dari KKP ngin mengembalikan ikan-ikan ini bersama masyarakat Kota Palembang, melalui penyebaran ikan hasil budidaya restoking, untuk ikan-ikan langka yang hampir punah,” ujarnya.

Slamet berharap, Walikota segera membuat Perda tentang pengendalian atau pemeliharaan stok-stok ikan yang ada di perairan-perairan umum di sungai dan lain-lain. Agar eksploitasinya terbatas.

Dari KKP sendiri melalui balai budidaya ikan, sudah menemukan teknis melakukan budidaya ikan ini.

“Kami siap membantu termasuk mencaru cara bagaimana pengembangan ikan-ikan ini kedepan, salah satunya dengan teknik budidaya. Sekarang beberapa balai budidaya sudah menemukan cara membudidayakan ikan Belido, tnggal kedepan bagaimana kita merawatnya. Itulah kenaa kami mengajak Pemerintah dan masyarakat bekerjasama menjaganya,” tutupnya.

Pos terkait