Kontingen AAL Rebut Juara Umum Porkot Palembang

Oleh Klikampera pada Senin, 19 November 2018 00:29 WIB
Penyerahan Piala Juara Umum Porkot kepada Kontingen Alang-Alang Lebar pada Penutupan Porkot di Stadion Kamboja

Palembang, klikampera.com – Tahta juara umum multievent bergengsi Pekan Olahraga Kota (Porkot) X yang berlangsung di Bumi Sriwijaya pada 11-18 November 2018 akhirnya berhasil diraih oleh Kontingen Alang-Alang Lebar (AAL) dengan perolehan medali 37 emas, 16 perak dan 19 perunggu dengan total 72 medali.

Atas torehan ini, Ilir Barat 1 Palembang selaku petaha juara umum Porkot IX 2014 harus legowo menyerahkan piala bergilir juara umum Porkot kepada Kontingen AAL. Pasalnya ia dipaksa puas dengan memperoleh medali 21 emas,  28 perak dan 29 perunggu dengan total 78 dengan bertengger dipapan kedua klasmen.

Sementara posisi ketiga berhasil diraih kontingen Ilir Timur II dengan meraih 17 emas, 25 perak dan 25 perunggu dengan total 67 medali.

Sementara tiga terbawah diduduki posisi Kemuning dengan 4 emas, 1 perak dan 7 peringgu,  Ilir Timur 1 dengan 1 emas, 5 perak dan 17 perunggu sementara terakhir  Kertapati dengan hanya meraih 4 perunggu.

Ketua KONI Kordinator Kecamatan (Korcam) Ilir Barat I Bambang Adrianto mengaku apresiasi kepada Kontingen ALL atas keberhasilan merebut juara umum. “Karena dengan berpindah juara umum, pembibitan atlet merata,” terangnya, Minggu (18/11/2018).

Ia mengaku tak berkecil hati tahra juara umum Porkot IX 2014 direbut oleh Kontingen AAL. “Meski kalah kami merasa bangga, atlit banyak yang bekerja keras, terbukti 28 perak, itu artinya banyak yg masuk final dan nyaris emas,” terangnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans mengaku apresiasi kepada para juara Porkot X. Apalagi bagi juara umum yang beralih dari Porkot IX 2014 Ilir Barat (IB) 1 beralih ke Alang-Alang Lebar di Porkot X. Sehingga pembinaan dan pembibitan atlet pun merata di Palembang.

Menurutnya, ajang ini menjadi persiapan Palembang dalam rangka mempertahankan tahta juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Prabumulih 2019 mendatang.

Benar saja, Porprov XII di Prabumulih 2019 mendatang menjadi target ke 11 kali juara umum yang bakal Palembang bidik sehingga menjadi leadhing sport city di Sumsel.

“Tapi memang bagi atlet yang juara di Porkot bukan final yang akan mewakili Palembang di Porprov tahun depan. Namun, pemilik juara akan berpeluang besar menjadi wakil Palembang di Porprov,” terangnya.

Lanjut Suparman, bahwa ajang Porkot X yang digelar pekan ini mempertandingkan 17 cabang olahraga. Sementara di Porprov tahun depan diperlombakan sekitar 30 cabang olahraga. Sehingga masih ada cabang olahraga yang perlu ditingkatkan pembinaannya.

“Makanya sisa cabang olahraga di Porkot yang tak dipertandingkan akan digelar seleksi sesuai dengan pengurus cabang olahraga masing-masing dengan mengambil yang terbaik,” jelasnya.

Sementara dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porkot maka akan dikawal oleh tim Talent Scouting yang mengumpulkan data para juara pemilik medali emas dari 17 cabang olahraga mewakili para kontingennya.

“Nah, itu nanti kita evaluasi setelah Porkot. Ada yang tidak ikut di Porkot tapi kita lihat sangat potensial, maka berdasarkan pertimbangan kita turunkan di Porprov begitu juga hasil Porkot kita semua evaluasi. Yang jelas, kita akan pilih yang benar-benar andalan untuk di ajang Porprov tahun depan untuk mempertahankan pososi juara umum,” pungkasnya.

Wartawan: Anggra
Editor: Rianza

Pos terkait