Kota Palembang Raih Terbaik Pertama Penghargaan Adipura 2018

oleh -61 views
Walikota Palembang H. Harnojoyo, S.Sos., saat menerima penghargaan Piala Adipura

Palembang, klikampera.com – Di awal Tahun 2019 ini, Pemerintah kota Palembang kembali meraih prestasi yang membanggakan, yakni peringkat pertama penghargaan Adipura kategori Kota Metropolitan tahun 2018.

H. Harnojoyo saat kerja bakti di tepi sungai Musi

Hal ini disampaikan melalui Surat Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun berbahaya Kementerian LHK Nomor : UN.4/PSLB3/PS/PLB.0/01/2019, tertanggal 8 Januari 2019, tentang Undangan Penganugerahan Adipura Tahun 2018.

Dalam lampiran surat ini disebutkan daftar penerima penghargaan Adipura tahun 2018 untuk regional Sumatera, dimana Kota Palembang berada di urutan pertama.

Penganugerahan penghargaan ini rencananya akan dilangsungkan pada hari senin, (14/) pagi, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, dan akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Faizal AR, Kepala Dinas DLHK Kota Palembang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal AR, mengatakan bahwa surat undangan tersebut telah diterima dan sudah dilaporkan kepada Walikota Palembang.

“Alhamdulillah, undangan sudah kita terima, dan ini semua berkat dukungan semua masyarakat Kota Palembang”, Jelas Faizal.

Dirinya menambahkan bahwa untuk penilaian Adipura tahun 2018 ini memang lebih berat dan kompleks, dimana aspek yang dinilai tidak hanya mengenai lingkungan, tetapi juga ekonomi, sosial, dan pemberdayaan masyarakat, yang menekankan pada tata kelola pemerintahan daerah yang baik. Selain itu performa daerah juga dilihat berdasarkan kemampuan mereka mengintegrasikan aspek pembangunan berkelanjutan.

“Kriteria dan indikator utama penilaian Adipura ini mencakup pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau oleh pemerintah daerah, partisipasi aktif masyarakat, upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, penanganan kebakaran hutan dan lahan, serta pengelolaan pertambangan berwawasan lingkungan”, sambung Faizal.

Dirinya mengakui bahwa kriteria penilaiannya cukup berat dan bersyukur bahwa Kota Palembang mampu untuk melaksanakannya.

Selain itu, program Sholat subuh berjamaah dan gotong royong membersihkan lingkungan yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Palembang, juga menurutnya sangat membantu mensosialisasikan tentang kriteria penilaian adipura tersebut, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam penilaian ini.

Dirinya berharap agar masyarakat kota palembang dapat lebih meningkatkan kesadarannya untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak lagi membuang sampah di sungai, karena hal tersebut menjadi salah satu aspek penting penilaian Adipura ini.

Walikota Palembang, Harnojoyo, mengatakan bahwa Penghargaan Adipura yang diraih untuk ke 12 kalinya ini, merupakan kebanggaan seluruh masyarakat Kota Palembang. Dengan diraihnya penghargaan ini, dirinya berharap agar dapat lebih memotivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Penghargaan ini tidak mudah kita dapatkan, mari kita pertahankan bersama-sama, dengan saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, demi generasi penerus kita”, sambung Harnojoyo.

Selain Kota Palembang, peraih penghargaan Adipura tahun 2018 antara lain yakni Kota Padang, Kota Bukit Tinggi, Kota Payakumbuh, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Karimun, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Siak, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Tanah Datar.

Wartawan: Jaka
Editor: Rianza