Langkah dr. Reisa Beri Pengertian Anak Soal Pandemi

Oleh Klikampera pada Sabtu, 13 Juni 2020 12:16 WIB
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro menjawab pertanyaan saat wawancara di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (12/6/2020)

Jakarta, klikampera.com – Sebagai ibu dari dua orang anak, dokter Reisa Broto Asmoro, yang saat ini bergabung dalam tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, mengungkap langkah yang dia gunakan untuk memberi pengertian kepada anak-anaknya soal pandemi.

“Saya mengenalkan dulu kondisinya itu seperti apa, ketika mereka harus sekolah di rumah, mereka pasti akan bingung, itu dulu yang saya usaha berikan pemahaman supaya mereka enggak bingung,” kata Reisa kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, Jumat.

Reisa juga memberikan pengertian kepada anaknya tentang alasan untuk tidak pergi ke pusat perbelanjaan, dan tetap berada di rumah.

“Pasti dengan menggunakan bahasa yang gampang dan tidak menakut-nakuti mereka,” ujar Reisa.

Selain memberi pengertian, Reisa juga menyampaikan solusi atau langkah dalam menghadapi situasi ini. Sebab menurut dia, kebiasaan baru atau protokol kesehatan yang saat ini sedang diberlakukan, harus dijelaskan sedini mungkin.

“Itu akan mengurangi ketakutan mereka, dan kita juga jadi lebih tenang karena mereka sudah paham,” kata Runner Up Puteri Indonesia 2010 ini.

Reisa juga menyarankan orang tua untuk memanfaatkan kondisi saat ini, sebagai kesempatan untuk memiliki kualitas waktu dan pelekatan dengan anak-anak, karena menurut dia situasi saat ini tidak akan terlupakan oleh anak hingga dewasa.

Salah satu kegiatan untuk mempererat hubungan bersama anak adalah berolahraga bersama.

“Treadmill bareng aja sudah jadi seru, apalagi anak-anak saya masih kecil. Akhirnya main sama anak-anak juga olahraga,” ujar Reisa.

Selain berolahraga untuk menjaga kebugaran selama pandemi COVID-19, Reisa juga mengingatkan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat.

“Pola hidup sehat, mulai dari makan harus diperhatikan banget, jadi saat ini gizi seimbang itu benar-benar harus diterapkan, minum cukup, tidur cukup, mengurangi stres juga,” Reisa menambahkan.

(Ant/riil)

Pos terkait