Mahasiswa Fakultas Teknik UMPalembang Ikuti Uji Sertifikasi Pengawas Jasa Konstruksi

oleh -79 views
Narasumber dan penguji dalam Uji Sertifikasi Pelaksana/Pengawas (Terampil I) Bidang Jasa Konstruksi di Aula Fakultas Teknik UMPalembang, Selasa (18/6/2019)

Palembang, klikampera.com – Ratusan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) mengikuti Uji Sertifikasi Pelaksana/Pengawas (Terampil I) Bidang Jasa Konstruksi di Aula Fakultas Teknik UMPalembang, Selasa (18/6/2019).

Mahasiswa FT UMPalembang peserta ujian sertifikasi

Ujian yang bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, itu dalam rangka membekali lulusan Fakultas Teknik UMPalembang dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Uji Sertifikasi dilaksanakan secara gratis. Jika lulus, mahasiswa Fakultas Teknik Uinversitas Muhammadiyah Palembang akan memiliki Sertifikat Keterampilan (SKT) Tingkat I Pelaksana/Pengawas Bidang Jasa Konstruksi.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMPalembang Junaidi, S.T., M.T., mengatakan bahwa kegiatan Uji Sertifikasi Pelaksana/Pengawas (Terampil I) Bidang Jasa Konstruksi penting bagi mahasiswa dengan menambah pengetahuan keterampilan diluar perkuliahan.

“Selain memiliki pengetahuan, juga perlu memiliki keterampilan agar dapat segera terserap dan memiliki daya saing tinggi. Keterampilan dan sikap kerja tersebut dapat diperoleh melalui magang, dan pengalaman lapangan” ujarnya.

Lanjutnya, karena itu, penyelenggaraan Uji Sertifikasi Pelaksana/Pengawas Bidang Jasa Konstruksi bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, diharapkan menjadi salah satu solusi bagi lulusan Fakultas Teknik UMPalembang untuk memenuhi tingginya kebutuhan tenaga ahli dan tenaga terampil yang kompeten dalam bidang jasa konstruksi.

“Kami berharap, sertifikasi yang diberikan kepada peserta uji lebih memberikan jaminan bagi lulusan dalam memasuki dunia kerja dan usaha di lingkup jasa konstruksi, yang nantinya akan menjadi bentuk kepercayaan masyarakat dan dunia kerja,” ungkapnya.

Sebelum mengikuti uji sertifikasi, para peserta mendapat pembekalan dari beberapa narasumber, antara lain Ir. Muhar Danus, M.T., tentang menyampaikan materi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Ir. H. Akhmad Syukri Malian, M.T., tentang Manajemen Konstruksi.

Editor: Rianza