Mahfud Rapat Bareng Prabowo Soal Pengadaan Sukhoi SU-35

Oleh Klikampera pada Kamis, 20 Februari 2020 13:27 WIB
Sukhoi Su-35S buatan pabrikan Sukhoi yang tergabung dalam Rostec Rusia dipajang statis di dalam pameran kedirgantaraan MAKS (Mezhdunarodnyj Aviatsionno-Kosmicheskij Salon) 2019 di Bandara Internasional Zhukovskiy, Moskwa, Rabu (28/8/2018)

Jakarta, klikampera.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan pejabat terkait untuk membahas rencana pengadaan pesawat tempur Sukhoi Su-35.

Pada rapat koordinasi khusus (rakorsus) yang berlangsung di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (20/2), hadir pula sejumlah pejabat terkait, di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya Mintoro Yulianto.

Hadir pula, juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah dan Deputi Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani.

Rakorsus tersebut berlangsung tertutup dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, dan sesuai agenda dari Kemenko Polhukam juga membahas perkembangan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tahun 2020-2024.

Usai rapat, para pejabat yang hadir enggan menjawab pertanyaan media mengenai hasil rapat, dan meminta menanyakan langsung kepada Menko Polhukam.

Kelanjutan rencana pembelian pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35 kembali mengemuka saat kunjungan Prabowo di Moskow, Rusia, di antaranya Menhan Rusia Sergei Shoigu, akhir Januari lalu.

Rencana pemerintah membeli sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu, tepatnya saat Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, pada 2016.

(Ant/riil)

Pos terkait