Masalah Prasarana Umum Dominasi Pengaduan di Aplikasi LAPOR Pemkot Banjarmasin

oleh -22 views
Aplikasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)

Banjarmasin, klikampera.com – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan evaluasi terkait implementasi Aplikasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Selasa (23/10).

Aplikasi yang diluncurkan pada bulan April 2017, bertepatan dengan peringatan HUT Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dan ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman MOU yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Ombudsman, dan Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia.

Dalam evaluasi yang dilakukan, ditemui sejumlah permasalahan terkait pelaksanaan aplikasi LAPOR ini, dimana pemahaman masyarakat tentang manfaat aplikasi juga perlu diperhatikan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Selain itu perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi ini yang berbasis teknologi IT.

Kasubbag LAPOR Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Banjarmasin, Novri Gitayanti mengatakan bahwa pengaduan terbanyak sebesar 60 % didominasi oleh pengaduan terkait peningkatan kualitas sarana dan prasarana umum, seperti jalan, penerangan jalan, dan saluran air.

“Masalah jalan berlubang dan kenyamanan taman kota juga menjadi aduan terbanyak melalui aplikasi LAPOR ini.” pungkas Novri.

Selain itu Novri menambahkan bahwa sampai dengan bulan oktober 2018, pengaduan yang masuk melalui aplikasi LAPOR ini mencapai 449 pengaduan, dimana hal ini membuktikan adanya antusiasme dan harapan masyarakat terhadap aplikasi ini cukup besar, untuk itu perlu dilakukan evaluasi secara berkala.

Dikatakannya bahwa pengaduan yang masuk melalui aplikasi LAPOR ini langsung disampaikan kepada instansi terkait untuk dilakukan penanganan paling lama 3 hari kerja, dan hingga sekarang seluruh pengaduan yang masuk sudah dapat diselesaikan.

Selain itu pemerintah Kota Banjarmasin juga langsung memberikan informasi apablia pengaduan tersebut sudah ditindaklanjuti, sehingga masyarakat dapat memberikan masukan dan saran terkait penanganan yang sudah dilakukan tersebut.

 

Liputan Khusus: A. Sandy
Editor: Rianza